Universitas Hang Tuah Resmikan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan

Surabaya, majalahglobal.com – Universitas Hang Tuah (UHT) Resmikan Pembukaan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan, Targetkan Jadi Pusat Unggulan Dunia.

Universitas Hang Tuah Resmikan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan

Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya menggelar acara tasyakuran dan buka bersama dalam rangka pembukaan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan (SpKL) di Fakultas Kedokteran Surabaya pada Senin, 25 Maret 2024.

Universitas Hang Tuah Resmikan Program Studi Dokter Spesialis Kelautan

Hadir dalam acara tersebut Rektor UHT Prof. Dr. Ir. H. Supartono, M.M., CQIaR., Wakil Rektor I-III, Kepala Rumah Sakit Surabaya, pejabat utama UHT, dekan, dosen, Kaprodi SpKL, Ketua Ikatan Wanita Persatuan (IPW) Ibu Retno Supartono beserta pengurus.
Dalam sambutannya, Rektor Supartono mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga ibadah diterima oleh Allah SWT serta selalu diberikan kesehatan dan kekuatan. Sesuai dengan visi UHT yaitu Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemaritiman dan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) Kelautan yang Berkelas Dunia.

Didorong oleh rasa cinta tanah air dan tanggung jawab terhadap kehidupan serta kelangsungan hidup bangsa, khususnya dalam usaha untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa guna melahirkan dan membina sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang kelautan.

Pendidikan yang dimaksud yaitu Pendidikan yang berwawasan kelautan, sehingga dapat mendukung tersedianya sumber daya manusia yang ahli dan terampil dalam dunia Kesehatan kemaritiman dan kelautan, dalam jumlah yang memadai.

FK UHT berdiri pada tanggal 12 Mei 1987 dan saat ini terakreditasi Unggul sehingga dapat mendirikan Program Studi Spesialis Kedokteran Kelautan sesuai visi dan misi UHT.

Acara ini diselenggarakan dalam Rangka Pembukaan Pendidikan sekaligus Tasyukuran PPDS Kedokteran Kelautan. Pihak rektorat sangat mendukung sepenuhnya berdirinya prodi Spesialis Kedokteran Kelautan ini. Rektor berpesan kepada Kaprodi dan Sekprodi serta Para Dosen Sp KL, agar mengembangkan terus PPDS Kedokteran Kelautan ini, melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Beliau menyampaikan bahwa pembukaan Program Studi SpKL ini merupakan yang pertama di Jawa Timur dan se-Indonesia setelah Universitas Mataram.

Dekan FK dr Djatiwidodo, M.Kes., SpHL., Subsp. menegaskan, Spesialis Kedokteran kelautan sudah diprakarsai sejak tahun 2014, oleh Dokter – dokter Angkatan Laut dan baru tahun 2024 ini terwujud di FKUHT. Dan saat ini kita menerima 4 Mahasiswa. Selanjutnya FKUHT Berencana Membuka Spesialis Obtetri Ginekologi (Sp OG).

Saya atas nama Civitas Akademika FKUHT mengucapkan Terima kasih Kepada Bpk Rektor dan jajaran Rektorat atas Dukungannya sehingga Spesialis Kedokteran Kelautan bisa terwujud,” ungkapnya.

dr Djati Juga Menjelaskan Memberikan Batasan Umur 40 Tahun Peserta Ppds.Peserta Ppds Akan Menjalani Pendidikan 7 Semester. FK UHT juga akan menggandeng lembaga kesehatan kelautan tni-al (lakesla)Drs Med Riyadi Sastropanola Phys. yang memiliki hyperbaric chamber.

“Prodi SpKL ini akan mendidik calon spesialis yang memiliki pemahaman terhadap kedaruratan penyelaman dan terapi oksigen hiperbarik.

Harapannya FK UHT melalui prodi SpKL akan menjadi center of excellent pendidikan kedokteran kelautan dunia tahun 2030,” ujar Kaprodi Kelautan Dr. Hisnindarsyah, dr., Sp.KL, Subsp.KT(K)., S.E., C.FEM., FIS., FRSPH.

Acara dilanjutkan dengan penyematan almamater kepada perwakilan residen dan pemotongan tumpeng sebanyak dua kali. Tumpeng pertama dipotong oleh Rektor dan diberikan kepada Dekan Kedokteran, sedangkan tumpeng kedua dipotong oleh Wakil Rektor I dan diberikan kepada Kaprodi SpKL. Setelahnya, digelar buka bersama yang dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjemaah dipimpin oleh Kaprodi Kelautan. (Ldy)

Exit mobile version