HOME // Berita Mojokerto // Uncategorized

TNI – Polri – BPBD Di Mojokerto Apel Kesiapan Kesiapsiagaan Bencana

   Pada: Januari 4, 2020

Mojokerto, – TNI – Polri – BPBD bersama Potensi Relawan menggelar Apel Kesiapan Kesiapsiagaan Bencana, di halaman Kantor BPBD Kabupaten Mojokerto, Jalan Raya Jabon, Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (4/1/2020).

,

Hadir dalam kegiatan antara lain  Dandim 0815 diwakili Danposramil Mojoanyar, Lettu Inf Akhmad Rifa’i,
Kapolres Mojokerto diwakili Wakapolres Kompol Toni Sarjaka,  Sekretaris, Para Kabid dan Kasi BPBD, Forpimka Mojoanyar, Personel TNI dari Kodim 0815 Mojokerto, Polres Mojokerto, PMI, Tagana, Potensi Relawan dan sejumlah awak media.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto Drs. Moh. Zaini, ST, M.Si, MT., selaku penanggung jawab kegiatan, dalam penjelasannya diantaranya mengatakan, apel gelar kesiapan kesiapsiagaan bencana ini  sebagai bentuk kesiapan dalam mengurangi resiko bencana beserta dampak ikutannya.

Selain untuk meminimalisir resiko bencana, lanjutnya, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan penguatan penanganan kebencanaan dengan menggandeng TNI, Polri, Stakeholder, komponen pendukung, para relawan, para siswa dan mahasiswa, media cetak dan elektronik yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kondisi geografi wilayah Kabupaten Mojokerto terdapat potensi kerawanan kebencanaan seperti kekeringan, banjir, tanah longsor, Karhutla, puting beliung, gunung merapi dan potensi rawan kegempaan.

Untuk diketahui, BPBD juga sudah mencanangkan Desa Tangguh Bencana (Destana) di setiap kecamatan dan desa yang rawan bencana.

Terpisah Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Susanto, SH.,
mengungkapkan, pihak TNI dari Kodim 0815 bersinergi dengan BPBD dan instansi terkait lainnya dalam penanganan kebencanaan, mulai mitigasi bencana hingga tahap rehabilitasi.

Seperti yang sudah dilakukan di sejumlah Koramil bersama Forpimka, Perhutani, LMDH dan potensi relawan, dengan melakukan kegiatan mitigasi bencana melalui pembersihan sampah pada bantaran, penampang dan sepanjang alur sungai, memberikan himbauan kepada masyarakar, serta pendirian Pos Pantau Bencana Banjir di wilayah Dawarblandong.

Masih kata Alumni Akmil Angkatan 2000, pihak Kodim 0815 juga sudah menyiapkan satuan setingkat pleton (SST) yang on call di Makodim dalam rangka mengantisipasi Siaga Hidrometeorologi sejak tanggal 30 Desember 2019. (jayak)





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.