5 Pesantren Terbaik di Kabupaten Lumajang, Ini Daftarnya

Lumajang, majalahglobal.com – Pada kesempatan kali ini, daerah yang akan dibahas mengenai keberadaan pondok pesantren adalah Kabupaten Lumajang. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dengan 21 kecamatan. Dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten ini, keberadaan pondok pesantren cukup merata.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak deretan daftar alamat nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Pesantren di Kabupaten Lumajang

Kab. Lumajang berbatasan langsung dengan Probolinggo di sebelah utara, dengan Samudra Hindia di bagian selatan, Kab. Jember di sebelah timur, dan Kab. Malang sebelah barat.

Pesantren di Kabupaten Lumajang tersebar di sejumlah kecamatan, kelurahan, dan desa di kabupaten ini baik pesantren salaf, tahfidzh, ataupun kombinasi pesantren dan sekolah formal yang ada di dalam sistemnya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lumajang

Jika melihat daftar pondok pesantren yang berada di Kabupaten Lumajang, ada ratusan ponpes yang berdiri di kabupaten ini. Namun, tidak semua akan diulas secara lebih jelas, hanya beberapa pondok pesantren saja.

Pondok Pesantren Khomsani Nur

Pondok pesantren ini merupakan lembaga dibawah naungan Yayasan sosial dan Keagamaan Khomsani Nur. Pesantren ini memiliki program khusus percepatan Tahfidzul Qur-an yang terintegrasi dengan Madrasah Formal.

Selain itu juga ada Madrasah Diniyah yang berfokus pada Ilmu Nahwu Shorof serta Kitab Salaf. Untuk Sekolahan yang ada meliputi MI Nurul Islam KLANTING, MTs Diponegoro, serta Madrasah Aliyah Khomsani Nur.

Ketika diwawancarai, H.M Agus Nur Majdi mengatakan bahwa Pondok Pesantren Khomsani Nur ini berdiri pada Tahun 2011. “Alhamdulillah, sekarang jumlah Santri sebanyak 110 orang baik putra maupun putri”, jelasnya . Adapun alamatnya ialah Jl. Kaspi’i, RT.3/RW.3, Desa KLanting, Kecamatan Sukodono, Kab. Lumajang 67351, Prov. Jatim.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran, Gus Barra Ambil Formulir Penjaringan Calon Bupati Mojokerto

Pondok Pesantren Darun Najah

Pondok pesantren berikutnya yang akan diulas adalah Pondok Pesantren Darun Najah. Ponpes ini berada di Petahunan, Sumbersuko, Kabupaten Lumajang 67316.

Pondok pesantren salafiyah ini didirikan pada tahun 1995 dan bermula dari sebuah Madrasah Diniyah Awaliyah yang memiliki santri sekitar 20-an. Namun, semakin lama berkembang pesat dan memiliki jumlah santri dan pengajar yang semakin banyak jumlahnya hingga sekarang.

Ponpes Darun Najah Lumajang diasuh oleh Kyai H. Moch. Khozin Barizi. Tidak hanya pesantren, di sini juga tersedia lembaga pendidikan formal, yaitu MTs, MA, serta SMK, dan lembaga non-formal, yaitu Madrasah Diniyah serta Tahfidzul Qur’an.

Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Labruk Lor

Selanjutnya ada Pondok Pesantren Al Fauzan Labruk Lor yang terletak di Laban, Labruk Lor, Kec. Lumajang. Pondok pesantren salaf ini merupakan pengembangan dari Ponpes Alfauzan yang berdiri pada tahun 1917 dengan pengasuh KH. Mansur bin KH. Umar bin KH. Fauzan bin Ki Ageng Selo.

Sedangkan, Pondok Pesantren Terpadu Al Fauzan Labruk Lor ini didirikan pada tahun 2007 oleh Kyai Imron Zamzami, S.H yang merupakan menantu dari KH. Mansur. Selain pondok pesantren, di sini juga tersedia pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Kyai Syarifudin

Baca Juga :  Wabup Subandi Selalu Support Perkembangan Pendidikan di Sidoarjo

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lumajang selanjutnya adalah Pondok Pesantren Kyai Syarifudin. Pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1912 ini didirikan oleh Kyai Syarifuddin yang dahulu bernama Ponpes Tashilul Mubtadi’in.

Namun, saat sepeninggal beliau dan sebagai penghormatan, nama pesantren diubah menjadi Pondok Pesantren Kyai Syarifudin. Alamat pondok pesantren ini berada di Desa Wonorejo RT 15 RW 06, Kedungjajang, Lumajang, Jatim.

Pondok Pesantren Miftahul Midad

PP Miftahul Midad didirikan oleh KH. Anas Abdul Halim dan dibangun di atas tanah wakaf seluas 750 m² pada tahun 1986. Seiring waktu berjalan, semakin banyak santri yang ingin mendalami ilmu agama di pesantren ini.

Oleh karena itu, pengasuh serta para pengurus memutuskan untuk membangun juga sekolah formal dan memperluas lahan. Kemudian, didirikanlah pendidikan MTs pada tahun 1995, dan dilanjutkan dengan pembangunan MA Miftahul Midad.

Itulah sebagian Referensi dari sebagian Pesantren Terbaik yang ada di Lumajang, semoga bermanfaat. Amin.

Sumber: Info Pesantren. Com. (Atz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *