Ruwah Desa, Kades Endik Sugianto Berpesan Manusialah Pelaku Perubahan

Ruwah Desa, Kades Endik Sugianto Berpesan Manusialah Pelaku Perubahan
Kades Endik Sugianto saat foto bersama
Majalahglobal.com, Mojokerto – Ruwah Desa, Kades Pandanarum Endik Sugianto berpesan manusialah pelaku perubahan.

Kesemarakan Ruwah Desa itu terlihat dari adanya arak-arakan warga sambil membawa buah dan sayur hasil bumi serta jajanan yang tersusun dihias menarik.

Selain itu ada acara Ngaji Bareng di Pendopo Kantor Desa Pandanarum, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis (7/3/2024) malam.

Kegiatan ruwah desa dengan tema tumbuh kembangkan adat dan tradisi lahirkan budi pekerti yang luhur ini disambut antusias oleh masyarakat desa setempat.

Ratusan warga dengan khidmat mendengarkan ceramah agama terkait rasa syukur nikmat ruwah desa yang disampaikan dengan penuh humoris oleh Kyai Moch Choiri Asadulloh dari Desa Bangun Perbatasan Mojokerto dengan Sidoarjo.

Kepala Desa Pandanarum, Endik Sugianto mengatakan, betapa mulianya leluhur Desa Pandanarum, banyak jasanya merintis Desa Pandanarum.

“Kami sebagai pewaris desa Pandanarum tidak patah semangat, tidak putus asa dan tetap bersyukur pada Allah SWT. Sampai saat ini masyarakat Pandanarum bisa hidup gotong royong, welas asih, menjaga kerukunan, serta bersahabat dengan alam. Menjadikan alam sebagai pustaka kami, karena manusia itu kholifah di bumi, jadi kami sadar hanya manusialah pelaku perubahan,“ pesan Kades Pandanarum.

Dijelaskannya, Desa Pandanarum mampu menjadikan daerah sebagaimana warisan leluhur cikal bakal eksistensi NKRI di Mojokerto. Sehingga Mojokerto bisa tampil sebagai miniatur Indonesia, yaitu negara yang mengedepankan Bhineka Tunggal Ika.

“Keberagaman adalah anugerah ilahi. Namun, keberagaman menuju satu tujuan yakni menuju kedamaian. Masyarakatnya, maju, adil dan sejahtera,“ terangnya.

Sementara itu caleg DPRD Kabupaten Mojokerto terpilih Ahmad Dofir, S.Pd., M.Pd mengatakan, kehadirannya adalah mewakili Wabup Mojokerto Gus Barra, karena beliau (Gus Barra) ada tugas ke daerah Batam.

“Gus Barra ini sangat senang acara yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti acara ngaji bareng dalam rangka ruwah desa, berhubung ada tugas pemerintahan yang mendadak bersama forkopimda ke Batam, jadinya beliau tidak bisa hadir,” ucap Ahmad Dofir mantan aspri Gus Barra.

Dihadapan ratusan warga Pandanarum dan tamu undangan, Ahmad Dofir legislator muda ini mendoakan Desa Pandanarum yang malam ini menggelar ruwah desa.

“Semoga Desa Pandanarum semakin maju, masyarakatnya tentram dan sehat semua,” harapnya. (Jay/Adv)

Exit mobile version