Penggunaan Teknologi LCD Proyektor sebagai Media Pembelajaran Guru, ini Manfaatnya

Penggunaan Teknologi LCD Proyektor sebagai Media Pembelajaran Guru, ini Manfaatnya
Penggunaan Teknologi LCD Proyektor sebagai Media Pembelajaran Guru, ini Manfaatnya

Lumajang, majalah global.com – Dalam mengajar seorang guru harus bisa kreatif, sehingga murid lebih mudah menerima materi dan suasana kelas lebih hidup. Guna memenuhi tuntutan tersebut MA Khomsani Nur mendorong para guru untuk bisa memanfaatkan teknologi LCD Proyektor dalam pembelajaran di kelas.

Melalui media LCD Proyektor dapat membantu guru untuk lebih mudah dalam mengajar dan murid lebih mudah dalam menerima pembelajaran. Selain itu juga dapat membantu guru dapat mengembangkan teknik pengajaran sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Tentunya materi pelajaran harus dikuasai terlebih dahulu oleh guru yang bersangkutan. Serta pengajar harus terampil dalam penggunaan teknologi sebagai media belajar.
Ini semua demi kenyamanan baik guru dan siswa dalam proses pembelajaran sehingga materi bisa mudah dipahami.

Hal ini senada dengan penuturan Siti Yuliani Rahmawati Guru IPA MA Khomsani Nur yang menyatakan lebih enak menggunakan proyektor karena ringkas dan anak-anak lebih cepat memahaminya.
“Kalau memakai proyektor dengan ppt, pada akhir materi ada quis berbentuk game nya jadi lebih seru”, jelasnya.

Baca Juga :  Buka Piala Askab PSSI Mojokerto, Bupati Ikfina : Kembangkan Skill Dan Semangat Perjuanga

Berikut beberapa manfaat penggunaan LCD Proyektor sebagai media pembelajaran:
Manfaat lain dari penggunaan LCD proyektor adalah :

1. Membiasakan murid dengan teknologi.
Secara tidak langsung, penggunaan LCD Proyektor dapat mendidik siswa agar lebih mengeluarkan ide-ide kreatifnya dalam penggunaan teknologi. Yang bermanfaat bagi perkembangan dirinya pada era modernisasi yang semakin berkembang.

2. Lebih Efektif.
Dengan menggunakan LCD Proyektor, mengajar tidak terbuang sia-sia hanya untuk menulis pada papan tulis dan membuat catatan. Selain itu kualitas visual akan membuat materi dapat terlihat dengan jelas di bandingkan dengan menulis pada papan tulis.

3.Ramah Lingkungan.
LCD Proyektor hanya membutuhkan tenaga listrik, maka dapat dikatakan sangat ramah lingkungan. Dari pada menulis di whiteboard dengan spidol, atau menulis di papan tulis dengan kapur. Karena LCD Proyektor tidak mencemari lingkungan yang akibatnya dapat mengganggu kesehatan.
Demikianlah manfaat penggunaan teknologi media LCD Proyektor untuk pembelajaran dikelas. Semoga generasi muda kedepan mampu menguasai teknologi dan menggunakannya dengan baik untuk kemajuan bangsa Indonesia. Amin. (Atz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *