Festival Bakar Sate Jadi Penutup Rangkaian Hari Jadi Kota Mojokerto Ke-105

Festival Bakar Sate Jadi Penutup Rangkaian Hari Jadi Kota Mojokerto Ke-105
Juara Festival Bakar Sate 2023
Majalahglobal.com, Mojokerto – Festival bakar sate tahun 2023 menjadi penutup rangkaian Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105. Festival bakar sate menjadi salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Mojokerto yang merupakan bagian dari acara berdampak.
Acara festival bakar sate bisa mendatangkan masyarakat dari berbagai daerah dalam rangka mendukung program Kota Mojokerto menuju Kota Wisata Sejarah dan Budaya. Hal itu dikarenakan berlimpahnya kuliner yang sangat enak untuk dinikmati di Kota Mojokerto.
Ribuan masyarakat Kota Mojokerto memadati sejumlah stand peserta Festival Bakar Sate 2023 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah tersebut. Selain menampilkan puluhan stand peserta, peserta juga wajib menampilkan kostum unik dan yel-yel untuk memeriahkan kegiatan tersebut.
Stand Sekda Kota Mojokerto
Mereka secara serentak membakar sate mengunakan alat pemanggang arang. Asap mengepul beraroma khas bumbu sate itu tercium sedap. Dalam Festival Bakar Sate 2023 ini para peserta tampak totalitas bersaing membuat kreasi menu sate dengan resep pilihan serta tampilan yang unik.
Mereka juga mengenakan berbagai macam kostum seperti baju adat Majapahit, kostum Punakawan, kostum Indian, kostum Arab dan lain-lain dengan yel-yel yang diiringi alat musik.
Sementara di sisi panggung menampilkan penyanyi dangdut bertalenta yang lahir dari ajang pencarian bakat kontes Dangdut Indonesia (KDI) yaitu Riza KDI yang turut menyemarakkan Festival Bakar Sate 2023.
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari didampingi suami Supriyadi Karima Saiful serta jajaran Forkopimda Kota Mojokerto berkeliling ke seluruh stand Festival Bakar Sate 2023.
Mereka disambut yel-yel dan mencicipi hidangan sate yang disuguhkan peserta. Ning Ita (sapaan akrab, red) juga membagikan sate ke masyarakat yang memadati Halaman Pasar Rakyat Ketidur Kota Mojokerto.
Ning Ita saat memberikan sambutan
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, festival bakar sate adalah rangkaian kegiatan terakhir di Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105.
“Kita sudah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 1 Juni sampai dengan hari ini 29 Juni. Di tanggal 29 Juni ini selain ada festival bakar sate, di tanggal 29 Juni ini juga hari terakhir Mojokerto shopping festival. Dimana masyarakat bisa menukarkan struk belanjanya setiap kelipatan Rp 100 ribu bisa mendapatkan kupon yang berhadiah utama umroh dan puluhan hadiah menarik lainnya,” ungkap Ning Ita sapaan karib Wali Kota Mojokerto, Kamis (29/6/2023) di Halaman Pasar Rakyat Ketidur Kota Mojokerto.
Masih kata Ning Ita, pihaknya ingin di Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105 sesuai dengan doa semua masyarakat. Menjadi masyarakat yang kuat, masyarakat yang hebat dan Kota Mojokerto yang bisa terus melesat pembangunannya dan maju kotanya sehingga kesejahteraannya juga bisa ikut meningkat.
“Semuanya bisa terselenggara karena ada kekompakan. Pemerintah Kota Mojokerto tidak bisa sendirian. Ada jajaran forkopimda dan seluruh elemen masyarakat yang terus bersinergi untuk menyukseskan program-program di Kota Mojokerto,” pesan Ning Ita.
Lebih lanjut dikatakannya, dirinya sudah lima tahun menjalankan amanah menjadi Wali Kota Mojokerto.
“Insha Allah di bulan Desember 2023 saya akan mengakhiri masa jabatan sebagai Wali Kota Mojokerto dan mohon doa restunya. Semoga di akhir masa jabatan, kami bisa menutupnya dengan husnul khotimah dan seluruh pembangunan yang telah kami laksanakan bisa memberikan kemanfaatan dan keberkahan untuk Kota Mojokerto tercinta,” harap Ning Ita.
Lebih jauh dikatakannya, selamat menikmati penghujung akhir kemeriahan Hari Jadi Kota Mojokerto yang ke-105.
“Semoga festival bakar sate bisa menjadi agenda rutin yang dilaksanakan dari tahun ke tahun sebagai salah satu ikhtiar untuk melestarikan budaya. Sudah menjadi budaya masayrakat pada setiap Idul Adha mengolah daging kurban menjadi menu sate. Maka Pemerintah Kota Mojokerto memfasilitasi budaya masyarakat tersebut menjadi festival,” jelas Ning Ita.
Menurutnya, melalui festival bakar sate tentu bisa memberikan ruang kreativitas bagi masyarakat. Bagaimana menyajikan sate yang terbaik. Festival bakar sate ini menjadi salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Mojokerto.
“Festival bakar sate merupakan bagian dari acara berdampak yang bisa mendatangkan masyarakat dari berbagai daerah dalam rangka mendukung program Kota Mojokerto menuju Kota Wisata Sejarah dan Budaya. Hal itu dikarenakan berlimpahnya kuliner yang sangat enak untuk dinikmati di Kota Mojokerto,” jelas Ning Ita.
Sebagaimana diketahui, ada enam kategori penilaian dalam festival bakar sate 2023. Mulai dari juara rasa kategori umum, juara rasa kategori OPD, juara penyajian dan dekorasi kategori umum, juara penyajian dan dekorasi kategori OPD, juara kostum dan yel-yel kategori umum, dan yang terakhir juara kostum dan yel-yel kategori umum.
Sementara itu, dewan juri juga telah menetapkan para jawara Festival Bakar Sate 2023 dari tiga kriteria penilaian sekaligus peraih Piala Wali Kota Mojokerto. Untuk Juara 1 Rasa Sate Terlezat kategori umum diraih oleh DWP Kota Mojokerto dan kategori OPD dimenangkan Diskopukmperindag Kota Mojokerto.
Sedangkan Juara 1 Penyajian dan Dekorasi Terbaik kategori umum kembali diraih DWP Kota Mojokerto dan Diskopukmperindag Kota Mojokerto dari Kategori OPD. Sementara Juara 1 Kostum dan Yel-Yel Terbaik kategori umum disabet GOW Kota Mojokerto dan kategori OPD diraih Disporapar Kota Mojokerto.
Dan, Piala Wali Kota Mojokerto Festival Bakar Sate 2023 diberikan kepada Diskopukmperindag Kota Mojokerto setelah didapuk menjadi juara umum.
Warung Cak Muk Kota Mojokerto dan Depo Anda Kota Mojokerto meraih penghargaan legenda kuliner Kota Mojokerto
Selain itu, dalam festival bakar sate 2023 juga diberikan piagam penghargaan legenda kuliner Kota Mojokerto kepada Depot Anda dan Warung Cak Muk. (Jay/Adv)
Exit mobile version