Babinsa Koramil Trowulan Bersama BPP Vaksin PMK Hewan Ternak

Babinsa Koramil Trowulan Bersama BPP Vaksin PMK Hewan Ternak
Babinsa Koramil Trowulan Bersama BPP Vaksin PMK Hewan Ternak

Mojokerto, – Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815/Mojokerto bersama BPP UPT Distan Kecamatan Trowulan bekerja sama dalam upaya pencegahan bertambahnya angka penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara serentak di wilayah Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

 

Seperti pada Selasa (02/08/2022), Babinsa Kejagan Koptu Sugianto, mendampingi Koordinator PPL BPP Kecamatan Trowulan, Totok HS, melaksanakan kegiatan vaksinasi wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada ternak sapi yang sehat di wilayah Desa Kejagan, Trowulan.

 

Menurut Koptu Sugianto, kegiatan vaksinasi di wilayah Desa Kejagan, menyasar lima dusun, yaitu Dusun Temenggungan, Muteran, Sidomulyo, Wonoasri dan Dusun Kejagan. ”Sasaran vaksinasi ini, hewan ternak sapi dan kambing yang kondisinya sehat”, ungkapnya.

 

Pantauan dilapangan, Tim Vaksinator BPP Trowulan yang terdiri dari Koordinator PPL, beserta 3 anggota PPL yaitu Fatchur Rohman, Poncorini dan Yeni Ultafia, S.P., dengan didampingi Babinsa dan Sekdes Kejagan beserta Perangkat Desa, berhasil memvaksin hewan ternak sebanyak 122 ekor, terdiri dari 116 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Terpantau, vaksinasi terbanyak diwilayah Dusun Muteran sebanyak 80 ekor sapi dan 6 ekor kambing, kemudian Dusun Kejagan 14 ekor sapi, Dusun Sidomulyo 8 ekor sapi, Dusun Wonoasri 8 ekor sapi dan Dusun Temenggungan 6 ekor sapi.

Baca Juga :  Pakai Kostum Unik Untuk Menarik Minat Pemilih, TPS Desa Sumbersono Kenakan Kostum Kerajaan Mojopahit

 

Terpisah, Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Kav Rohyadi, menegaskan, pihak Koramil selalu bersinergi dengan Forkopimcam dan UPT Distan dalam upaya pencegahan, penanganan, dan pengendalian PMK khususnya diwilayah Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

 

Masih kata Kapten Kav Rohyadi, sejak tanggal 2 Agustus 2002 kemarin, pihak Koramil melalui Babinsa bersama Petugas Distan dan BPP sudah melakukan vaksinasi PMK di 2 desa, yakni Desa Balongwono meliputi empat dusun yakni Dusun Kweden, Dusun Balongwono, Dusun Kembangkuning dan Dusun Wates, dengan capaian 98 ekor hewan ternak berhasil divaksin terdiri dari sapi 40 ekor dan kambing 58 ekor.

 

Kemudian, lanjutnya, di Desa Kejagan dengan capaian 122 ekor sapi dan 6 ekor kambing. ”Total sementara capaian vaksin PMK 220 ekor, terdiri dari 156 ekor sapi dan 64 ekor kambing. ”Untuk desa-desa lainnya, pelaksanaan vaksin menyusul secara bergiliran”, tutupnya. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *