BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Nasional Petugas PIPP Rumah Sakit Seluruh Indonesia

BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Nasional Petugas PIPP Rumah Sakit Seluruh Indonesia
BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Nasional Petugas PIPP Rumah Sakit Seluruh Indonesia

Mojokerto – Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pelayanan informasi  dan penanganan pengaduan di Rumah Sakit serta meningkatkan sinergisitas pengelola Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTRL) dalam memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengadakan kegiatan Pertemuan Nasional Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan  (PIPP) Rumah Sakit seluruh Indonesia sabtu  (28/11).  Kegiatan yang dilakukan melalui Zoom Webinar ini dihadiri BPJS Kesehatan Pusat dan Rumah Sakit Prof. Dr. Margono Soekarjo  serta  Hermina Hospital Group. Di Wilayah Mojokerto diikuti Kepala Cabang, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Petugas Penanganan Pengaduan Peserta RS , Direktur Rumah Sakit dan petugas PIPP RS se Wilayah Cabang Mojokerto.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Sistri Sembodo menyampaikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara petugas PIPP di Rumah Sakit dan pengelola Faskes dalam  memudahkan peserta memperoleh informasi. Kemudahan informasi yang dibutuhkan oleh peserta ini meliputi pelayanan jaminan kesehatan secara menyeluruh menyangkut hak dan kewajiban peserta/fasilitas kesehatan (faskes)/BPJS Kesehatan serta mekanisme pelayanan di faskes dan BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Pengaturan Lalu Lintas Sore Hari, Bentuk Pelayanan Polri Kepada Masyarakat

“Pemberian informasi dan penanganan pengaduan terhadap peserta program JKN-KIS, harus dilakukan dengan benar dan tuntas. Koordinasi yang baik selama ini harus selalu ditingkatkan dan dijaga   agar tidak terjadi misskomunikasi dengan peserta JKN-KIS. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta,” ungkap Sistri.

Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan bahwa BPJS Kesehatan telah membuat aplikasi untuk memudahkan alur pelayanan Rumah Sakit. Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) yang merupakan sebuah kanal informasi peserta dan penanganan pengaduan, merupakan salah satu sistem yang sudah terintegrasi , minilasir dan berkualitas dalam memastikan informasi dan pengaduan peserta,  sehingga hasil inputan terdokumentasikan dengan baik.

“Seperti dijelaskan oleh Ibu Direktur Perluasan  dan Pelayanan Peserta tadi, kami terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan melalui pengembangan digitalisasi. Untuk , petugas PIPP juga didukung aplikasi Sistem Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),  yang didalamnya terdapat fitur dashboard, input pengaduan, pendaftaran bayi baru lahir, dan denda pelayanan,” tambah Sistri

Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto & Distan Teken MoU Peningkatan Produksi Padi Melalui Pompanisasi

Menanggapi hal tersebut, Bayu Dewantoro  salah satu petugas PIPP RS Reksa Waluyo menyampaikan pertemuan ini merupakan satu pengalaman yang berharga, bisa sharing informasi  dan sangat bermanfaat sekali dalam  meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta di rumah sakit kami.

“Dengan adanya kegiatan Zoom Webinar pada hari ini, sangat membantu kami untuk lebih meningkatkan dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta dan meningkatkan kualitas layanan, sehingga bisa mengedukasi dengan baik dan kepuasan peserta menjadi meningkat,” tutupnya  (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *