Inilah Tiga Cara Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Corona di Ponorogo

Ponorogo - Kantor Pos Ponorogo menyatakan telah siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Corona. Ada tiga cara penyaluran yang akan dilakukan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.  “Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Kepala Dinsos dan P3A Kabupaten Ponorogo. Kita sudah sampai tahapan pencocokan data yang masuk dari Kementerian Sosial RI ke Kantor Pos Pusat. Datanya di-clear-kan dulu, setelah itu Kantor Pos Ponorogo mencetak surat pemberitahuan dan kami jadwalkan pembayarannya,” terang Kepala Kantor Pos Ponorogo Hadi Ernowo, Kamis (30/4/2020).  Untuk penyaluran kepada penerima, Kantor Pos Ponorogo mempunyai tiga cara. Pertama, BLT akan diantar langsung ke penerima oleh para postman atau pengantar pos secara door to door . Kedua, akan dibayarkan di balai desa. Cara ini untuk desa yang jumlah penerimanya tidak lebih dari 50 orang di satu desa. Akan ada petugas dari Kantor Pos Ponorogo yang siap melayani penyaluran BLT ini.  Ketiga, dengan cara semi komunitas. Cara ini untuk penyaluran BLT dengan jumlah penerima lebih dari 50 orang di satu desa. Dengan jumlah penerima yang ada, maka akan ditentukan jumlah titik yang bisa dijadikan lokasi pelayanan. Pertimbangannya, setiap titik melayani tidak lebih dari 50 orang penerima. Pihak desa bisa memilihkan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan penyaluran.  “Nah, cara ini kita siapkan karena mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. Kita menghindari terjadinya kerumunan,” katanya.  Hadi menambahkan, Kantor Pos Ponorogo akan menyiapkan 56 juru bayar dan dua manajer sebagai petugas kontak dalam penyaluran ini. Di Ponorogo, ada 16.327 warga yang sedang diusulkan sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terkait adanya dampak sosial ekonomi pandemi covid-19. Besaran BLT ini adalah Rp600 ribu setiap bulan dengan masa penyaluran selama tiga bulan. Tepatnya untuk April, Mei dan Juni.  Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Ponorogo Supriyadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyusunan daftar nama warga yang bakal mendapatkan BLT corona ini. Nama-nama tersebut sudah diverifikasi.  “Nanti, bantuan akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan bank-bank yang telah ditunjuk. Ini karena ada calon penerima yang telah memiliki rekening di bank-bank yang akan menyalurkan BLT Corona ini,” terangnya. (Jayak)

Ponorogo – Kantor Pos Ponorogo menyatakan telah siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Corona. Ada tiga cara penyaluran yang akan dilakukan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.

“Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Kepala Dinsos dan P3A Kabupaten Ponorogo. Kita sudah sampai tahapan pencocokan data yang masuk dari Kementerian Sosial RI ke Kantor Pos Pusat. Datanya di-clear-kan dulu, setelah itu Kantor Pos Ponorogo mencetak surat pemberitahuan dan kami jadwalkan pembayarannya,” terang Kepala Kantor Pos Ponorogo Hadi Ernowo, Kamis (30/4/2020).

Untuk penyaluran kepada penerima, Kantor Pos Ponorogo mempunyai tiga cara. Pertama, BLT akan diantar langsung ke penerima oleh para postman atau pengantar pos secara door to door . Kedua, akan dibayarkan di balai desa. Cara ini untuk desa yang jumlah penerimanya tidak lebih dari 50 orang di satu desa. Akan ada petugas dari Kantor Pos Ponorogo yang siap melayani penyaluran BLT ini.

Baca Juga :  Respon Wakil Presiden

Ketiga, dengan cara semi komunitas. Cara ini untuk penyaluran BLT dengan jumlah penerima lebih dari 50 orang di satu desa. Dengan jumlah penerima yang ada, maka akan ditentukan jumlah titik yang bisa dijadikan lokasi pelayanan. Pertimbangannya, setiap titik melayani tidak lebih dari 50 orang penerima. Pihak desa bisa memilihkan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan penyaluran.

“Nah, cara ini kita siapkan karena mempertimbangkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. Kita menghindari terjadinya kerumunan,” katanya.

Hadi menambahkan, Kantor Pos Ponorogo akan menyiapkan 56 juru bayar dan dua manajer sebagai petugas kontak dalam penyaluran ini. Di Ponorogo, ada 16.327 warga yang sedang diusulkan sebagai calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terkait adanya dampak sosial ekonomi pandemi covid-19. Besaran BLT ini adalah Rp600 ribu setiap bulan dengan masa penyaluran selama tiga bulan. Tepatnya untuk April, Mei dan Juni.

Baca Juga :  Kunjungan anies draft

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Ponorogo Supriyadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyusunan daftar nama warga yang bakal mendapatkan BLT corona ini. Nama-nama tersebut sudah diverifikasi.

“Nanti, bantuan akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan bank-bank yang telah ditunjuk. Ini karena ada calon penerima yang telah memiliki rekening di bank-bank yang akan menyalurkan BLT Corona ini,” terangnya. (Jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *