Pemkab Mojokerto Raih Swasti Saba Wiwerda

Mojokerto – Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Mojokerto, kembali berjaya dengan memboyong penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Wiwerda.

Prestasi tersebut diberikan pada acara “Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat 2019”, Selasa (19/11) pagi di ruang Sasana Bhakti Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jakarta Pusat.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto beserta Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian, kepada Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi.

Secara aturan, penilaian Kabupaten/Kota Sehat dilaksanakan tiap dua tahun sekali, dengan diberikan penghargaan Swasti Saba dari Presiden Republik Indonesia.

Swasti Saba ini kemudian diklasifikasikan menjadi 3 katagori yakni Swasti Saba Padapa (ikut penilaian minimal 2 tatanan), Swasti Saba Wiwerda (ikut penilaian 3-4 tatanan), dan Swasti Saba Wistara (jika mengikuti lebih dari 5 tatanan atau lebih).

Untuk lebih memahami, tatanan adalah sasaran kegiatan Program Kabupaten/Kota Sehat, yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing daerah.

Baca Juga :  Cegah DBD, Koramil 0815/05 Gedeg Bareng UPT PKM Lakukan Foging

Tatanan dan sasaran Kabupaten/Kota Sehat selanjutnya dikelompokkan dalam 9 poin yakni tatanan permukiman; sarana dan prasarana sehat; tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat; tatanan industri dan perkantoran yang sehat; tatanan kawasan pariwisata sehat; tatanan pertambangan sehat; tatanan hutan sehat; tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri; tatanan ketahanan pangan dan gizi; dan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Dinas/Instansi/lembaga koordinator menjadi penanggung jawab pada tiap-tiap tatanan, dengan beranggotakan dinas/lembaga lainnya yang mempunyai peran dan fungsi untuk mewujudkan tatanan tersebut menjadi tatanan sehat.

Secara lengkap, pada acara penghargaan ini diserahkan pula beberapa penghargaan. Antara lain Influencer Tingkat Provinsi (3 orang), Tim Pembina Provinsi Terbaik (6 provinsi), Padapa 60, Wiwerda 29 termasuk Kabupaten Mojokerto, dan Wistara pada 88 bagi Kabupaten/Kota.

Baca Juga :  PT. BMN Launching Program Pom Minyak Goreng di Mojokerto

Hadir mendampingi Wabup Pungkasiadi pada acara ini antara lain Ketua Forum Kabupaten Sehat Yayuk Ismawati Pungkasiadi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Jatmiko, Kepala Bappeda sekaligus Pembina Kabupaten Sehat Hariyono, Plt. Assisten Pemerintahan dan Kesra Didik Chusnul Yakin, serta Kabag Humas dan Protokol Alfiyah Ernawati.(jayak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *