HOME // Berita Surabaya // Uncategorized

Festival Kalimas Surabaya, Sajikan Lomba Dayung Malam Hari

   Pada: Mei 18, 2015
SURABAYA – MG :  Sepanjang bulan Mei, publik Kota Pahlawan memang dimanjakan dengan berbagai acara menarik berkaitan dengan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-722. Sebelumnya, Parade Budaya dan Pawai Bunga serta Festival Rujak Uleg telah ‘menyapa’ warga metropolis. Selanjutnya, Festival Kalimas sudah menanti pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu, 16-17 Mei 2015.
    
Asisten I Sekkota Surabaya (bidang pemerintahan) Yayuk Eko Agustin mengatakan, tujuan utama Festival Kalimas yakni untuk menghidupkan kembali sungai kebanggaan warga Surabaya itu. Kalimas memang sudah menjadi ikon Surabaya.
    
Posisinya yang membelah kota membuat sungai ini dijadikan ‘denyut nadi’ utama aktivitas hilir-mudik perahu kecil sejak zaman pendudukan Belanda. Meski tak lagi difungsikan sebagai rute kapal pengangkut komoditi, namun Kalimas hingga kini masih menyimpan nuansa historis yang kental.
   
“Kalimas kini sudah sangat bersih. Oleh karenanya harus dimanfaatkan sebagai bagian dari identitas kota ini,” kata Yayuk. Festival Kalimas akan difokuskan pada tiga titik. Yaitu, Taman Skatepark & BMX, Taman Ekspresi dan Taman Prestasi.
    
Pembukaan akan dilaksanakan Sabtu besok (16/5) pukul 18.00 WIB di Taman Skatepark & BMX oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Yayuk menjelaskan, beberapa kegiatan yang dapat dijumpai di festival ini antara lain lomba dayung perahu naga serta hiburan musik di ketiga taman tersebut.
    
Uniknya, seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari. Untuk menambah kesan menarik, di sepanjang Kalimas mulai dari monumen kapal selam (monkasel) sampai Taman Ekspresi (depan Hotel WETA) akan dihiasi lampion. Tata lampu juga sudah disiapkan agar pengunjung dapat melihat segala aktivitas di atas sungai dengan jelas.
    
Mantan Kepala BKD Surabaya ini menambahkan, pada saat penyelenggaraan, sepanjang Jl. Ketabang Kali akan disterilkan dari kendaraan bermotor. Hal tersebut dilakukan agar warga nyaman menyaksikan Festival Kalimas. Kendati demikian, pemkot tetap tidak mengabaikan faktor keamanan.
    
Untuk itu, sedikitnya 640 personel gabungan dari pemkot dan kepolisian disiagakan guna mengawal seluruh rangkaian acara. “Termasuk 16 perahu darurat dan 3 unit ambulans akan stand by sebagai langkah antisipasi,” terang Kabid Perlindungan Masyarakat, Bakesbangpol & Linmas Surabaya Agus Purnomo.
    
Dikatakan Agus, skema pengamanan nantinya dengan menempatkan petugas berjaga di sepanjang bibir sungai Kalimas. Perhatian lebih akan difokuskan pada titik-titik tertentu dimana pagar pengaman dipandang kurang baik.
    
“Walaupun acara ini menjanjikan sesuatu yang menarik, karena digelar malam hari dan banyak lampion, tapi kami tetap menghimbau warga agar hati-hati dan waspada. Yang terpenting utamakan keselamatan,” imbuh dia.
    
Sementara itu, Kabid Olahraga Rekreasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya, Arief Setya Purwanto menyatakan, lomba dayung perahu naga sejatinya sudah menjadi agenda rutin tahunan. Hanya saja tahun ini dikemas berbeda karena baru kali pertama digelar malam hari.
   
 Hingga hari ini (13/5), ungkap Arif, sudah ada 30 tim dayung perahu naga yang sudah mendaftar. Masing-masing tim terdiri atas 14 pedayung dan 1 official. “12 pedayung berada di atas perahu sementara 2 lainnya cadangan,” urainya.
    
Dalam perlombaan kali ini, tim dayung tidak hanya dituntut adu cepat. Panitia menyediakan hadiah tam
bahan bagi peserta atau tim dengan kostum menarik dan gaya atraktif. “Jadi nanti ada dua kategori pemberian hadiah. Pertama adu cepat dan kedua kostum paling menarik. Unsur ini (kostum menarik) sengaja ditambahkan untuk menambah unsur fun, baik bagi peserta maupun penonton,” tuturnya.
    
Pada sesi awal, seluruh peserta akan berparade dengan penampilan unik serta gaya menghibur. Setelahnya, peserta berganti pakaian olahraga untuk adu cepat dayung perahu naga. “Sekadar informasi, lomba dayung ini sifatnya mix. Yakni satu tim dihuni 6 pedayung putra dan 4 pedayung putri,” pungkas Arief. (Jay/Dho)

,

Berita Majalah Global Edisi 044, Mei 2015 :

Perseteruan panjang SBY dan pemerintah Jokowi di bidang ekonomi 
Bupati Mojokerto : Semoga Gus & Yuk Dapat Berperan Aktif dalam Pembangunan
Festival Kalimas Surabaya, Sajikan Lomba Dayung Malam Hari
Ada Opsi Kongres Tandingan, Kericuhan Warnai Jelang Kongres IV Demokrat
Perampokan Minimarket di Jombang Terjadi Lagi, Rp 30 Juta Amblas





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.