Musyda ke V PDPM Kabupaten Sikka; Abdul Kholiq; 4 Kompetensi yang di Haruskan Ada Dalam Diri Segenap Kader Muhammadiyah

Berita Sikka, majalahglobal.com-Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Sikka menggelar Musyawarah Daerah (Musyda) yang ke 5 bertempat di Aula Lantai 2 SMA Muhammadiyah Waioti, Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka. Sabtu, 4/5/2024.

Kegiatan di bungkus dengan tema ‘Mengukuhkan Nilai-Nilai Islam Melalui Dakwah Mewujudkan Kader Muhammadiyah Sikka yang Berkemajuan’.

Musyda ke V PDPM Kabupaten Sikka; Abdul Kholiq; 4 Kompetensi yang di Haruskan Ada Dalam Diri Segenap Kader Muhammadiyah

Kegiatan itu di awali pembacaan ayat suci Al-Quran Surah Al-Imran ayat 102-104, selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan Mars Pemuda Muhammadiyah.

 

Tampak kegiatan dihadiri oleh Ketua Bidang Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sikka Ayahanda Abdul Kholiq, SE., MM, Ketua PDPM Kabupaten Sikka Danar Aswin, Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sikka, Ibunda Nur Fitriyah, Pengurus Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sikka, perwakilan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) tingkat Kecamatan di Kabupaten Sikka dan segenap peeserta lainnya.

Adapun utusan PCM yang hadir diantaranya dari utusan PCM Talibura, PCM Geliting, PCM Wuring, PCM Permaan dan PCM Alok Barat (Waioti) yang turut serta di ikuti oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM),  Amir Imran Patiraja secara virtual sembari membuka kegiatan Musyda.

Abdul Kholiq, SE., MM Ketua Bidang Kader PDM Kabupaten Sikka dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Musyda PDPM Kabupaten Sikka yang ke 5 ini.

“Yang saya hormati Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTT, yang saya hormati Ketua Pimpinan Daerah Aisiyah Kabupaten Sikka Ibunda Nur Fitriyah, yang saya hormati Ketua PDPM Kabupaten Sikka dan pengurus Pemuda Muhammadiyah, singkatnya yang saya kasihi jajaran pengurus yang hadir pada kesempatan ini,” demikian kata Abdul Khaliq mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan itu pula Ia menyebut beberapa karakter atau kompetensi yang di haruskan ada dalam diri segenap Kader Muhammadiyah, dimana hal demikian diyakininya sangat mungkin untuk membangun jaringan Muhammadiyah seperti yang dulu ada.

Kata Dia Kader Muhammadiyah ini harus bertauhid, keahlian, moderat dan kompetensi dalam kepemimpinan.

“Jadi Ini harus di miliki oleh setiap kader-kader Muhammadiyah,” ujar Dia.

Ia berharap Musyda kali ini Insya Allah yang terpilih bisa menjalankan visi misi sesuai visi dan misi Muhammadiyah dalam menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Danar Aswim, S.H., M.H., C.L.A mengatakan pentingnya berorganisasi di dalam organ, terutama di Organisais Muhammadiyah yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Sehingga tujuan organisasi Kepemudaan selaras dengan apa yang menjadi tujuan Muhammadiyah.

“Tujuan Muhammadiayah yaitu menjunjung tinggi agama Islam. Itu jelas di dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah. Maka dengan itu, kita yang bergabung dalam Organisasi Kepemudaan dalam kepengurusan ini mudah-mudahan akan menjadi amal jariyah,” paparnya.

Ia memastikan jika organisasi kepemudaan stagnan dan tidak adanya lagi pemuda yang mau ambil bagian dalam Organisasi Kepemudaan niscaya dalam keyakinannya itu amal jariyahpun akan hilang.

“Sebaik-baik bekal itu adalah takwa, kata Dia menguliti Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 197.

Sementara, Ketua PWPM NTT, Amir Imran Patiraja dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini adalah hari dimana kita merefleksikan semangat militansi, semangat juang Kader Peryarikatan Muhammadiyah.

“Proses demi proses yang kita tempuh hingga hari ini merupakan interpretasi dan bentuk penegakan eksistensi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Sikka,” ujar Amir Imran Patiraja mengawali yang saat itu mengikuti kegiatan Musyda virtual.

Amir Imran Patiraja mengakui adanya kepalan semangat baru dari PDPM Kabupaten Sikka yang semestinya patut dirawat oleh PDPM Kabupaten Sikka.

“Saya mewakili PWPM NTT setiap kali menemani kegiatan teman-teman PDPM NTT khususnya teman-teman PDPM di Kabupaten Sikka saya selalu menemukan kepalan semangat baru. Sehingga hal demikian mudah-mudahan ghalizhon ini tetap terjalin untuk mewujudkan Organisasi Kepemudaan di NTT yang berkemajuan khususnya Kabupaten Sikka,” tutupnya. (Faidin)

Pemilihan Pengurus Baru PDPM Kabupaten Sikka

Formatur

1. Zulkifli
2. Tajudin
3. Samaludin
4. Sahlan
5. Gamli
6. Abdul Manaf
7. Hamzarudin hikmatiar
8. Faidin
9. Samsul
10. Suhut
11. Minal Sakirin
12. Zakaria Alfarizi
13. Hardian

13 Formatur Terpilih

Ketua Umum : Zulkifli
Sekretaris Umum : Hamzarudin Tiar
Bendahara Umum : Fitra Musa
Anggota
Adril
Abdul Manaf
Samaludin
Sunardin
Gamli Salasa
Tajudin Obawala
Hardian
Sahlan
Suhut
Zakaria

Exit mobile version