SOTH Berikan Edukasi Kepada Ibu – Ibu Hebat di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo, majalahglobal.com – Menjadi orang tua yang hebat adalah dambaan bagi semua orang tua untuk anak- anaknya, khususnya seorang ibu, yang sangat berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

SOTH adalah Sekolah Orang Tua Hebat dimana di bekali oleh para dosen pengajar yang bisa di edukasikan kepada ibu-ibu PKK khususnya di desa desa terkait, tepatnya di Balai Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (03/05/2024).

Pemberian Apresiasi dari Ketua Pembina TPPKK, Sri Sunarnik kepada Peserta SOTH

Dihadiri oleh Kepala Desa Kebaron H. Suwito, Pembina Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Sri Sunarnik, Kepala Sekolah PAUD Darma wanita Persatuan Kebaron, Leni Setyo Mutmainah, Dosen Pengajar SOTH, Rr. Ingrid Dwirin Hardiningrum, ST., Ketua Penyelenggaraan, Iswatik Hidayah, Para Kader dan peserta.

Terlihat sangat antusias sekali semua peserta mengikuti setiap materi dari awal hingga akhir yang dipaparkan oleh dosen pengajar, tentunya ini menjadi ilmu yang sangat bermanfaat bagi ibu pemula.

Ujian terakhir para peserta SOTH

Ibu Kepala Desa sekaligus Pembina TPPKK Sri Sunarnik, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kegiatan SOTH sangat bermanfaat bagi para orang tua hebat, dan saya akan selalu mendukung adanya pelaksanaan SOTH,” ungkapnya, Jumat (03/05/2024).

“Semoga dalam pelaksanaan dari awal hingga akhir diberikan kelancaran dan kemudahan, ” imbuhnya.

Para peserta dan Dosen Pengajar SOTH

Dosen pengajar SOTH, Rr Ingrid Dwirin Hardiningrum, ST., memaparkan ke pada media ini bahwa, tujuan dari SOTH adalah mencetak orang tua lebih cerdas, lebih hebat dan terampil dalam mengasuh anak,” ungkapnya.

“Ada 13 materi diantaranya :
1. Perencanaan hidup berkeluarga dan harapan orang tua terhadap masa depan anak.
2. Memahami konsep diri yang positif dan konsep pengasuhan.
3. Peran orang tua dan keterlibatan ayah dalam pengasuhan.
4. Menjaga kesehatan anak usia dini.
5. Pemenuhan gizi anak usia dini.
6. Pembiasaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada anak usia dini.
7. Stimulasi perkembangan gerakan kasar dan gerakan halus.
8. Stimulasi (rangsangan) perkembangan komunikasi aktif, komunikasi pasif dan kecerdasan.
9. Stimulasi (rangsangan) perkembangan kemampuan menolong diri sendiri dan tingkah laku sosial.
10. Pengenalan kesehatan reproduksi pada anak usia dini.
11. Perlindungan anak.
12. Menjaga anak dari pengaruh media.
13. Pembentukan karakter anak usia dini,” terang Dosen Pengajar SOTH yang biasa dipanggil Ingrid ini.

Suasana menjadi hidup saat para peserta aktif dalam sesi tanya jawab, kepada dosen pengajar SOTH, dan penutupan wisuda para SOTH akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2024 di Balai Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, yang akan dihadiri oleh Bapak Camat, Kepala Desa Kebaron beserta Ibu, dan para undangan.

Semangat selalu untuk semua para orang tua hebat, dalam mendidik putra putrinya semoga anak- anak Indonesia menjadi anak- anak yang hebat pula untuk generasi ke depan menuju generasi yang gemilang. (Ldy)

Exit mobile version