WAKOMINDO Lanjutkan Pelatihan Jurnalistik Kompetensi ber-SKKK

WAKOMINDO Lanjutkan Pelatihan Jurnalistik Kompetensi ber-SKKK
Pelatihan Jurnalistik Kompetensi ber-SKKK
Majalahglobal.com, Surabaya – Lembaga Pers Wartawan Kompetensi Indonesia atau WAKOMINDO setelah sukses menggelar pelatihan jurnalistik kompetensi untuk umum pada 12 Februari 2024 lalu digelar di kampus Universitas Teknologi Surabaya (UTS), akan melanjutkan agenda kerjanya dengan menggelar kembali pelatihan jurnalistik kompetensi wartawan muda reporter pada akhir bulan Maret 2024.

Pelatihan jurnalistik kompetensi terbuka untuk umum dengan memakai Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK) yang teregristrasi di Kementerian Ketenagakerjaan RI, yang akan digelar diakhir bulan Maret mendatang disampaikan Dedik Sugianto, ketua umum WAKOMINDO ditempat kerjanya jalan Kedung Anyar 7/50, Surabaya, Jawa Timur. Sabtu (24/2/2024) siang.

“Agenda kerja WAKOMINDO ditahun 2024 dengan menggelar pelatihan jurnalistik kompetensi akan terus berlanjut, dan terbuka untuk umum. Semua profesi bisa mengikuti pelatihan jurnalistik kompetensi,” ujar Dedik Sugianto.

Tujuan menggelar pelatihan jurnalistik kompetensi di buka untuk umum, menurut Dedik agar semua orang memahami ilmu jurnalistik sehingga menghindari atau mengetahui  hoax di media sosial (medsos), dan berguna untuk semua orang, karena bisa memahami mana berita yang benar dan mana yang berita hoax.

“Kita lihat banyak di medsos memuat banyak sekali berita ataupun tayangan yang banyak tidak sesuai kebenaran atau hoax, dan mengumbar kebencian, itu sangat merugikan masyarakat dan bangsa. Untuk itu kita gelar pelatihan jurnalistik buat umum agar semua yang ikut memahami ilmu jurnalistik dan bisa lebih menilai mana berita sesuai kenyataan dan mana yang hoax,” ujar Dedik yang juga sebagai Pemred media online Sindikat Post.

Baca Juga :  Hadiri Peringatan Ke-50 Ngaji Ahadan, Bupati Ikfina Harap Eksistensi LDNU Semakin Luas

Dedik dalam kesempatan ini juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang mendukung pelatihan jurnalistik kompetensi yang diadakan WAKOMINDO di bulan Februari lalu.

“Terimakasih  dan apresiasi yang tinggi kepada Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rafael Granada Baay, S.E., M.M., dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Dr. Mia Amiati, S.H., M.H., CMA., serta beberapa Administratur (ADM) Perhutani Kesatuan Pemagkuan Hutan (KPH) Divisi Regional Jawa Timur, yang telah mendukung dengan mengirimkan staf atau anggotanya mengikuti pelatihan jurnalistik kompetensi,” ujar Dedik Sugianto.

Dedik menerangkan bahwa pelatihan jurnalistik kompetensi tetap akan dipandu mentor yang pengalaman dan mempunyai sertifikat kompetensi wartawan utama yang diterbitkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP-RI) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia.

“Mentor terdiri dari Gatot Irawan, Pemred media Panjinasional, Rizal Diansyah Soesanto, Pemred media Jawapes, dan Antonius Andika, Pemred media Merah Putih. Mereka mempunyai sertifikat mentor yang dikeluarkan lembaga Pers WAKOMINDO,” terang Dedik Sugianto yang memegang sertifikat asesor kompetensi yang diterbitkan BNSP-RI.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas 2024 - Launching Program 'Tirai Begawan', Bupati Ikfina Harapkan Pendidikan Tanpa Kekerasan

Dedik menerangkan ada 5 materi pelatihan wartawan muda reporter yang akan dipaparkan oleh para mentor dalam pelatihan jurnalistik kompetensi, yakni merencanakan dan mengusulkan topik liputan, mencari dan mengumpulkan data dan informasi, melakukan wawancara dengan nara sumber, menulis berita berdasarkan data dan informasi dari hasil liputan dan wawancara, dan mengedit naskah berita sendiri.

“Bagi yang tertarik untuk mengikuti pelatihan bisa daftar langsung ke kantor WAKOMINDO, atau mengisi google drive yang akan kita share kesemua jejaring media. Bagi yang diluar Surabaya bisa mengikuti secara online. Jadi seperti pelaksanaan sebelumnya, pelatihan digelar secara hybrid (online dan tatap muka,” tutup Dedik Sugianto. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *