Pj Bupati Aceh Timur Terima Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023

Pj Bupati Aceh Timur Terima Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023
Pj Bupati Aceh Timur Terima Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023

Yogyakarta, majalahglobal.com – 07 Nopember 2023 Dibawah kepemimpinan Ir. Mahyuddin, M.Si, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur berhasil menerapkan sistem Merit dalam pemerintahannya, sehingga mendapat Penghargaan Anugerah Meritokraai tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pj Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si menerima langsung penghargaan tersebut di Kraton Grand Ballroom Marriott Hotel, Yogyakarta yang diserahkan oleh Ketua KASN Agus Pramusinto, Kamis (07/12/2023).

“Terima kasih atas keseriusan semua kawan-kawan dari Perangkat Daerah dalam hal ini khususnya BKPSDM Kabupaten Aceh Timur, yang hari ini Aceh Timur mendapatkan Anugerah Meritokrasi tahun 2023 ,” ucap Pj. Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin, M.SI

Kata Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin, M.SI pencapaian ini merupakan lompatan yang sangat jauh, sehingga dengan penghargaan ini diharapkan lebih terpacu Kabupaten Aceh Timur dalam menerapkan sistem Merit dengan lebih baik. sehingga, tidak lagi ada intervensi dengan dalih balas jasa.

“Beri kesempatan mereka yang kredibel, berintegritas, kompeten untuk duduk (dalam jabatan). Tidak lagi memikirkan soal like and dislike, merit sistem ini kita dorong agar mengurangi sistem balas jasa,” tegas Pj. Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.SI.

Lanjut Ir. Mahyuddin, M.SI dalam hal ini intervensi yang bisa dilakukan kepala daerah harus mengutamakan faktor, seperti integritas dan kompetensi dari ASN itu sendiri.

Sementara itu, Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan bahwa, Anugerah Meritokrasi ini bentuk apresiasi tertinggi terhadap instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit. “Pihaknya berharap acara ini dapat mendorong konsistensi dalam menerapkan sistem merit agar terus terjaga,” Kata Agus.

Lanjut Agus, bahwa keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran, yang berkomitmen terus melakukan perbaikan manajemen ASNB nya, dan juga merupakan hasil dari komitmen untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” ujarnya.

Agus menambahkan bahwa, sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. “Pelaksanaan sistem merit pada manajemen ASN menjadi penting sebagai upaya mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing,” katanya.

Lanjut Agus, sistem merit lahir berdasarkan keadilan, kemampuan, prestasi, dan kinerja sebagai landasan dalam proses rekrutmen, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin, dan pensiun pegawai.

Agus menjelaskan, ada delapan aspek penilaian dalam penghargaan ini. Yakni perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

“KASN sudah melakukan penilaian terhadap 552 instansi pemerintah daerah. Sebanyak 119 instansi pemerintah daerah mendapat kategori baik, dan kategori sangat baik,” demikian pungkas Agus.

Usai penyerahan Penghargaan tersebut Kepala BKPSDM Kabupaten Aceh Timur Teuku Didi Farisha, S.STP.,M.AP yang juga turut hadir menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak.

“Alhamdulilah hari ini Aceh Timur mendapat Penghargaan Anugrah Meritokrasi 2023, Perhargaan ini merupakan salah satu pencapaian tertinggi dalam pengelolaan kepegawaian bagi suatu instansi pemerintah,” kata Teuku Didi Farisha, S. STP., M.AP Kepala Dinas BKPSDM Aceh Timur.

Dan ini hasil dari Tim Kerja Sistem Merit yang siang dan malam menyiapkan segala hal, serta dukungan dari seluruh Perangkat Daerah,” ungkap Tengku Didi Farisha, S.STP., M.AP. Didi menjelaskan, proses ini sangat panjang tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, hasil ini harus kita jaga dan pertahankan dengan sebaik baiknya.

“Merit Sistem ini Harus terus kita jaga kualitasnya di Kabupaten Aceh Timur dan tentunya untuk mewujudkan hal tersebut mohon dukungan dari seluruh stakeholder Pemerintah Aceh Timur,” katanya.

Lanjut Tengku Didi menambahkan, dirinya mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh dari Pj. Bupati Aceh Timur, Pj. Sekda Aceh Timur, para Asisten, para Kepala Perangkat Daerah, dan Kepada Seluruh Aparatur BKPSDM terutama Tim Kerja Sistem Merit yang sudah berupaya penuh atas pencapaian semua ini,” demikian pungkas Teuku Didi.

Zainal Abidin pjt

Exit mobile version