Iklan Rindahwati Iklan M. Agus Fauzan

Lewat PPK Ormawa, Unimuda Sorong Jadikan Desa Klamalu Sebagai Sentra Produk Olahan Pisang

Lewat PPK Ormawa, Unimuda Sorong Jadikan Desa Klamalu Sebagai Sentra Produk Olahan Pisang
Lewat PPK Ormawa, Unimuda Sorong Jadikan Desa Klamalu Sebagai Sentra Produk Olahan Pisang

Papua Barat, majalah global.com – Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (Komahi) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Unimuda Sorong) menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan pengabdian Masyarakat, dalam rangka Program Peningkatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa) di Kelurahan Klamalu, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat daya.

Kelompok  Wanita Tani (KWT) Yahet Melakukan Pembekalan Bersama Nara Sumber
Kelompok Wanita Tani (KWT) Yahet Melakukan Pembekalan Bersama Nara Sumber

Komahi Unimuda Sorong mengusung tema desa wirausaha melalui pemberdayaan Kelompok Tani Pisang Kepok dengan konsep Sociopreneur dan digital marketing. Rangkaian kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak bulan Agustus, diawali dengan pembukaan dan sosialisasi kegiatan PPK Ormawa Komahi Unimuda Sorong.

Kelompok  Wanita Tani (KWT) Yahet Melakukan Pembekalan Bersama Nara Sumber
Kelompok Wanita Tani (KWT) Yahet Melakukan Pembekalan Bersama Nara Sumber

Kegiatan tersebut dibimbing oleh Dosen Hubungan Internasional sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPK Ormawa Komahi Unimuda Sorong, Etik Siswatiningrum, S.IP., M.H.I.

Dosen pembimbing mengatakan jika kegiatan ini bekerjasama dengan kelompok tani Yahet yang sebagian besar anggotanya adalah ibu rumah tangga, “Selain pemberdayaan perekonomian perempuan berbasis rumahtangga, program yang akan dilakukan oleh teman-teman nantinya adalah membuat UMKM berbasis kelompok tani pisang, mulai sosialisasi pemilihan pisang, proses pembuatan kripik dan dodol, melakukan branding, kemudian melakukan pemasaran menggunakan teknologi digital,” tuturnya, Senin (20/11/2023).

Lebih lanjut, Etik mengatakan, Kelurahan Klamalu merupakan salah satu produsen pisang kapok dan pisang abu- abu yang dominan di wilayah Aimas Kabupaten Sorong. Namun, para petani pisang kelurahan Klamalu belum menemukan cara untuk mengolah pisang menjadi produk dengan nilai ekonomis sehingga hasil panen hanya dijual. Akibatnya, para petani pisang ini kan membuang pisang yang tidak laku atau memberikan kepada ternak mereka sebagai pakan.

“Saya melihat keilmuan dari teman-teman Komahi sangat cocok untuk memenuhi harapan dari masyarakat Kelurahan Klamalu khususnya Kelompok Tani Yahet,” imbuhnya.

Harapan akan kelancaran kegiatan ini juga di ungkap oleh Kaprodi Hubungan Internasional dalam Sambutannya, “Kegiatan ini memiliki dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan perekonomian desa yang di gerakkan oleh Ibu-ibu rumah tangga kelompok Tani Yahet. Selain itu, pisang yang biasanya di buang setelah tidak laku di pasar bisa di olah kembali menjadi produk dengan nilai jual tinggi,” ujar Muhammad Farid, S.IP., M.H.I.

Ketua PPK Ormawa Komahi Unimuda, Ambarwati menjelaskan agenda pengabdian Masyarakat, “Kegiatan ini berfokus pada pemberdayaan ekonomi keluarga. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pemanfaatan pisang yang menjadi salah satu komoditi utama di wilayah Papua Barat terutama Kabupaten Sorong.

Dimana Kelompok Tani setempat belum mengetahui pengelolaan pisang hingga kulit pisang menjadi produk dengan nilai ekonomis seperti keripik pisang dan dodol pisang. Hasil produk tersebut akan langsung dipromosikan lewat media digital,” jelasnya.

Tim PPK Ormawa Komahi Unimuda sorong sukses berkolaborasi Bersama Masyarakat Klamalu khususnya Kelompok Wanita Tani (KWT) Klamalu Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, para tokoh masyarakat dan kelompok masyarakat yang tergabung serta aktif pada kegiatan-kegiatan yang telah diselenggarakan.
Masyarakat diberikan beberapa pembekalan, diantaranya adalah pembekalan pengelolaan produk pisang, pembekalan packaging, digital marketing dan mengurus ijin usaha. PPK Ormawa sendiri merupakan program hibah yang di berikan oleh Kemendikbudristek kepada ormawa di Universitas, dalam rangka penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Pada PPK Ormawa tahun ini, Komahi Unimuda sorong mendapatkan hibah dari Kemendikbudristek tersebut.(Ldy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *