Peringati HUT Ke-78 Marinir TNI AL, Koarmada III Gelar Syukuran

Peringati HUT Ke-78 Marinir TNI AL, Koarmada III Gelar Syukuran
Peringati HUT Ke-78 Marinir TNI AL, Koarmada III Gelar Syukuran

Papua Barat, majalah global.com – TNI AL/ Koarmada III. Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, beserta Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Achman Santoso, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ridwan Prawira, serta Pejabat Utama, Komandan Satuan dan Kasatker Koarmada III, melaksanakan syukuran untuk memperingati HUT Ke-78 Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Tahun 2023 yang bertemakan, “Korps Marinir Yang Profesional, Tangguh dan Digdaya Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Lobby Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya, Rabu (15/11/2023).

Acara syukuran tersebut berlangsung sederhana namun penuh khidmat, dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kepala Staf Koarmada III melaksanakan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada perwakilan Prajurit Marinir yang berdinas di Mako Koarmada III, yang dilanjutkan dengan pemberian ucapan dan foto bersama.

Hadir pula dalam syukuran tersebut yaitu Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny Dhani Singgih Sugiarto beserta Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III, serta perwakilan Prajurit Koarmada III.

Adapun Korps Marinir TNI Angkatan Laut dibentuk pada tanggal 15 November 1945 di Tegal, Jawa Tengah (Jateng), dimana Korps Marinir awalnya dikenal dengan nama “Corps Mariniers” dengan komandan pertama yang bernama Mayor Laut Agus Subekti.

Pada HUT ke-17 Korps Marinir, diadakan perubahan lambang emblem baret Keris Samudera dikelilingi oleh pita dengan tulisan “Jalesu Bhumyamca Jayamahe” dan tulisan “Korps Komando” di bawahnya, lalu pada tahun 1968, ada sedikit perubahan dengan menambahkan garis pinggir kuning pada alas segi lima merah.

Selanjutnya, Kepala Staf TNI AL mengeluarkan SK No. Skep/2084/X/1976 tanggal 20 Oktober 1976 tentang Perubahan Emblem Korps Marinir, perubahan tersebut berupa penambahan jangkar sebagai latar belakang, dan pita bertuliskan “Korps Komando” berubah menjadi “Korps Marinir” dan angka 1945 tetap sebagai tanda lahirnya.

Sejak saat itu hingga sekarang, pada tanggal 15 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Korps Marinir TNI AL atau HUT Korps Marinir TNI AL, dan tahun ini, tepatnya pada tanggal 15 November 2023 merupakan peringatan ulang tahunnya yang ke-78.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *