Jambore Nasional BPD Lahirkan Inovasi Desa yang Mandiri dan Produktif

Jambore Nasional BPD Lahirkan Inovasi Desa yang Mandiri dan Produktif
Jambore Nasional BPD Seluruh Indonesia
Majalahglobal.com, Banyuwangi – Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia mengadakan Jambore Nasional (Jamnas) BPD seluruh Indonesia.

Dan baru pertama kali ini dalam sejarah berdirinya BPD, Jamnas BPD seluruh Indonesia ditempatkan di Pantai Boom Marina Banyuwangi, Sabtu – Minggu (11-12 November 2023).

Dalam kegiatan Jambore Nasional tersebut diikuti oleh perwakilan BPD dari seluruh Provinsi se-Indonesia diantaranya dari, Papua, Kalimantan, Maluku, Sulawesi, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, NTT, Bali dan Jawa Timur.

Kurang lebih ada 1000 perwakilan BPD dari Seluruh Indonesia. Semuanya berkumpul di Pantai Boom Marina Banyuwangi.

Ketua Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia, Misnadi, S.H.,M.H. menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pemerintah pusat dan daerah atas dukungan kegiatan Jambore Nasional BPD dan semua stakeholder yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua peserta yang berasal dari segenap Provinsi di luar Pulau Jawa yang sudah datang di Bumi Blambangan sebelum kegiatan JAMNAS BPD dimulai.

“Dengan Jambore Nasional BPD Seluruh Indonesia ini tentu sangat besar dampaknya bagi perekonomian dan pariwisata di Banyuwangi. Dengan jumlah peserta kurang lebih 1000 anggota BPD dari seluruh Provinsi se-Indonesia tentu akan menggeliatkan perekonomian bagi para pelaku UMKM dan Pariwisata di Bumi Blambangan ini,” tegas Misnadi.

Sementara itu, Ketua Umum PABPDSI Jawa Timur Oetomo Sapto Amin menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan Jambore Nasional BPD di Pantai Boom Marina Kabupaten Banyuwangi.

“Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional BPD di Padang Sumatera Barat yang dihadiri oleh Kementrian Desa dan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia menghasilkan keputusan tentang Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Anggota BPD Seluruh Indonesia agar tahun 2023 JAMNAS BPD diagendakan di Banyuwangi Jawa Timur,” ujarnya.

Ia menegaskan, maksud Jambore Nasional BPD antara lain berkontribusi terhadap Bangsa dan Negara dalam rangka mengembangkan Inovasi Desa yang mandiri dan produktif.

“Selain itu melaksanakan amanat keputusan Rapat Koordinasi Nasional BPD tahun 2022 di Padang Sumatera Barat yakni melakukan konsolidasi organisasi secara tertata, mandiri, demokratis dan paripurna,” ungkapnya.

Dan tak kalah pentingnya, selalu evaluasi program kerja secara berkala, sistematis dan berkelanjutan serta membangun sinergitas organisasi dalam memperkuat peran anggota BPD di seluruh Indonesia.

“Tujuan Jambore Nasional BPD di Pantai Boom Marina Banyuwangi mengawal BPD menjadi DPR Desa. Dimana tugasnya mendorong terealisasinya kerjasama dengan lembaga negara dalam peningkatan kapasitas dan kinerja aparatur Pemerintah Desa dan mengembangkan kesetaraan pembiasaan pola pikir,” jelasnya. (Jay)

Exit mobile version