Mahasiswa PMM UMM Kelompok 20 Bantu Kembangkan UMKM Jamu

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 20 Bantu Kembangkan UMKM Jamu
Mahasiswa PMM UMM Kelompok 20 Bantu Kembangkan UMKM Jamu

Majalahglobal.com, Malang – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan jenis usaha yang relatif kecil. Jenis usaha ini kerapkali dikenal sebagai usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk membangun dan mengembangkan perekonomiannya. Adapun UMKM sendiri memiliki berbagai manfaat dari masyarakat hingga ekonomi negara. Mulai dari sebagai sarana menyejahterakan masyarakat, upaya pemerataan ekonomi rakyat, hingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

 

Melihat manfaat UMKM pada peningkatan ekonomi para pelaku, sehingga pengembangan dari segi pemasaran dan manajemen sangat dibutuhkan khususnya para era digital seperti sekarang. Oleh karena itu, mahasiswa kelompok 20 gelombang 07 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan program sosialisasi terkait digital marketing dan manajemen keuangan kepada pelaku UMKM Jamu di Dusun Ketangi. Kegiatan PMM kelompok 20 gelombang 7 ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang Mudrifah, SE.,MM dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 5 orang.

Baca Juga :  Polres Malang Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Dusun Pepen

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan terkait pemasaran produk yang berkaitan dengan teknologi digital. Selain itu juga menambah pengetahuan dalam mengatur keuangan dan perencanaan keuangan bagi UMKM agar dapat berkembang dan bersaing dalam dunia usaha. Program sosialisasi ini diharapkan akan memiliki pengaruh dalam kegiatan usaha sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat atau pelaku UMKM. Sosialisasi ini disampaikan secara langsung kepada Ibu Jumaiyah selaku pemiliki UMKM Jamu di Dusun Ketangi, Desa Tegalgondo.

 

Pada saat sosialisasi berlangsung, Ibu Jumaiyah memberikan respon baik akan materi yang diberikan dan tidak segan untuk membahas permasalahan-permasalahan dan beberapa hal yang dianggap dapat menunjang proses pengembangan UMKM Jamu beliau kedepannya.

 

Tak hanya sebatas pemberian materi terkait, Mahasiswa PMM UMM kelompok 20 gelombang 07 juga ikut serta secara langsung dalam proses produksi pembuatan Jamu. Proses dilakukan dari menyiapkan seluruh alat dan bahannya, mencampur, menyaring hingga pengemasan. Kemudian mahasiswa PMM UMM juga membantu memasarkan produk menggunakan media sosial setiap anggota kelompok sebagai salah satu bentuk penerapan digital marketing. (Yongki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *