Puluhan Linmas Terima Materi Wasbang Danramil Pacet

Puluhan Linmas Terima Materi Wasbang Danramil Pacet
Puluhan Linmas Terima Materi Wasbang Danramil Pacet

Mojokerto, – Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pemerintah Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, menyelenggarakan kegiatan bertajuk Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Satuan Linmas se-Kecamatan Pacet, dengan mengusung tema “Linmas Yang Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila”, Jumat (16/09/2022).

 

Kegiatan yang berlangsung di Lantai 3 Kantor Kecamatan Pacet, dihadiri Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto Kapten Caj M.Lutfi Anam, sekaligus sebagai narasumber pembekalan materi wawasan kebangsaan.

 

Satuan Linmas sendiri mempunyai arti, warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

 

Di hadapan tak kurang dari 40 orang anggota Satlinmas dari perwakilan masing – masing desa di wilayah Kecamatan Pacet, Danramil memaparkan bagaiamana pada masa itu perjuangan kemerdekaan yang bersifat kedaerahan hingga munculnya semangat nasionalisme yang dimotori lahirnya Boedi Utomo yang kemudian diperkuat dengan lahirnya Sumpah Pemuda yang mampu menjadi energi positif bagi perjuangan bangsa hingga lahirnya NKRI melalui Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Baca Juga :  Terjun langsung Pimpin Pengamanan Penyaluran Bansos, Kapolsek Dlanggu Terima Penghargaan

 

Menyinggung tema Linmas Yang Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila Danramil menjelaskan sebagai Linmas harus mengetahui dan memahami bahwa Pancasila merupakan suatu dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi warga Negara Indonesia.

“Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila haruslah dilestarikan, dijunjung tinggi dan diterapkan dalam keseharian”, tegasnya.

 

Ditandaskannya, bahwa Pancasila merupakan lima dasar sebagai landasan pokok dan fundamental (mendasar) dalam hal penyelenggaraan negara Indonesia. Secara tidak langsung, Pancasila, juga harus tercermin dalam sikap, tingkah laku, dan perilaku Rakyat Indonesia yang sangat beragam.

 

Kelima sila tersebut merupakan identitas nasional yang menunjukkan kita, sebagai Warga Negara Indonesia, dan bangsa yang menjunjung tinggi keadilan, persatuan, dan kesatuan bangsa. Memiliki kelima sila yang saling berkaitan dan menjadi dasar satu sama lain, Pancasila, harus dimengerti, dipahami, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar cita-cita dan tujuan bangsa dapat terwujud.

Baca Juga :  Sambang Toga Tomas Pasca Pemungutan Suara, Polres Mojokerto Intensifkan Cooling System

 

Di akhir materi, Danramil mengajak segenap anggota Linmas untuk berkontribusi positif dalam mengisi kemerdekaan melalui peran aktif di lingkungan/desa masing-masing, salah satunya seperti yang dilakukan Satlinmas saat ini, yaitu mendedikasikan dirinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

 

Selain Danramil, pada kegiatan ini, dihadiri Plt. Camat Pacet, Aprianto S.E., M.M., beserta staf, Kapolsek Pacet diwakili Kanit Binmas Ipda Sunarno, S.H., dan perwakilan Linmas dari masing-masing desa se- Kecamatan Pacet. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *