Blakrakan Jelajah Desa, Cara Kodim 0815/Mojokerto Bangun Komunikasi

Blakrakan Jelajah Desa, Cara Kodim 0815/Mojokerto Bangun Komunikasi
Blakrakan Jelajah Desa, Cara Kodim 0815/Mojokerto Bangun Komunikasi

Mojokerto, – Blakrakan jelajah desa jalin silahturahmi dan bangun komunikasi melalui bersepeda sehat secara terbatas dilakukan secara konsisten oleh Kodim 0815/Mojokerto. Olah raga murah kali ini menjelajahi desa-desa diwilayah Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (17/03/2022).

 

Aktivitas fisik rutin tiap pekan yang lebih dikenal dengan istilah “Rambak Moker atau Rame Rame Blakrakan Mojokerto” ini start di halaman PT Kurnia Anggun II Desa Mojorejo, Pungging dan finish di halaman Gudang Pabrik Tepung PT. Agrofood Makmur Mandiri, Desa Ngrame, Pungging.

 

Tak kurang dari 40 orang ikut meramaikan Rambak Moker yang dipandegani langsung Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., diantaranya Danramil 0815/11 Pungging Kapten Inf Desto Jumeno, Perwira Staf dan perwakilan Danramil Kodim 0815, serta perwakilan personel militer dan PNS TNI AD Makodim 0815, Camat Pungging Amsar Azhari Siregar, S.H., M.M., dan Kapolsek diwakili Kanit Patroli Iptu Jumain.

 

Komandan Kodim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., mengatakan, olah raga bersepeda atau yang dikenal gowes ini dilakukan sebagai salah satu upaya pembinaan fisik untuk menjaga kebugaran sekaligus meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

 

Baca Juga :  Pengaturan Lalu Lintas Sore Hari, Bentuk Pelayanan Polri Kepada Masyarakat

Tak sebatas itu, lanjutnya, bersepeda ini juga merupakan sarana membangun komunikasi sosial dengan berbagai kalangan, baik unsur aparatur pemerintahan, Polri, pelaku ekonomi maupun komponen masyarakat lainnya. ”Bahkan dalam beberapa kali kesempatan, Rambak Moker juga menjadi sarana bakti sosial (Baksos)”, tegasnya.

 

Lebih jauh dikatakannya, selain untuk sarana membangun komunikasi sosial dan sarana Baksos, banyak manfaat dari kegiatan bersepeda sehat ini, diantaranya menjadi wahana mempererat jalinan silaturahmi sekaligus mengenal wilayah teritorial kita termasuk karakteristik lainnya, seperti kondisi geografi, demografi (manusia/masyarakat) serta kondisi sosial lainnya sembari menyapa masyarakat diwilayah yang dilintasi. “Selain sehat, banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini, utamanya jalinan silaturahmi dan komunikasi”, tandasnya.

 

Abituren Akmil Angkatan 2001 ini, menegaskan, dihadapkan dengan situasi pandemi, meskipun sudah PPKM Level 2, kegiatan bersepeda sehat ini dilakukan dengan peserta terbatas. ”Tentunya dengan mempertimbangkan situasi yang masih pandemi, kegiatan ini kita gelar secara terbatas”, tutupnya.

 

Pantauan dilapangan, bersepeda sehat menjelajahi wilayah Pungging kali kedua ini, menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer Start PT. Kurnia Anggun II Desa Mojorejo – Desa Tempuran – Desa Sekargadung – Desa Kalipuro – Desa Pungging – Desa Kembangringgit – Desa Balongmasin – Desa Kedungmungal – Desa Watukenongo dan finish di Gudang Pabrik Tepung PT. Agrofood Makmur Mandiri Desa Ngrame, Pungging, Mojokerto.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Kapolres Mojokerto Silaturahmi Ke Danrem 082/CPYJ dan Dandim 0815/Mojokerto

 

Menurut pengamatan Tim Pendim 0815/Mojokerto, yang meliput kegiatan dilapangan, para peserta bersepeda sehat Rambak Moker yang berinteraksi dengan warga dengan cara menyapa dan melambaikan tangan, kepada para petani disawah maupun warga yang berpapasan dalam perjalanan.

 

Kegiatan inipun tak luput dari pengawalan Provoost Kodim 0815/Mojokerto, Koramil 0815/11 Pungging dan Tim Patroli Polsek Pungging, serta mendapat dukungan kesehatan dari Tim Medis UPT Puskesmas Pungging. Pun demikian, disepanjang route perjalanan yang dilintasi, persimpangan dan titik-titik rawan tak luput dari pengamanan personel Koramil dan Polsek. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *