Sejarah Kelas Khusus Tachfidhul Qur’an MA Khomsani Nur Klanting

Sejarah Kelas Khusus Tachfidhul Qur'an MA Khomsani Nur Klanting
Sejarah Kelas Khusus Tachfidhul Qur'an MA Khomsani Nur Klanting

Lumajang – Kelas Tachfidhul Qur‟an adalah Kelas khusus yang menjadi wadah bagi siswa Madrasah Aliyah Khomsani Nur untuk menghafal Al-Qur’an 30 Juz dalam waktu 3 tahun. Yang mana kelas tersebut merupakan unggulan dari Madrasah Aliyah Khomsani Nur. Sebuah Lembaga Pendidikan dibawah naungan Pondok Pesantren Khomsani Nur yang beralamatkan di Jalan Kaspii RT 3 RW 3 Klanting.

 

Adapun yang melatarbelakangi adanya kelas khusus ini, yakni guna mempersiapkan generasi Qurani yang mampu menjawab tantangan zaman. Sesuai dengan visi dan misi dari MA Khomsani Nur Klanting Lumajang.

 

Kelas Khusus Al-Qur’an ini dimulai pada tanggal 18 Maret 2020 bersamaan dengan libur sekolah karena adanya pandemi virus Corona. Targetnya ialah para siswa mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan target yang ditentukan. Selain itu juga diharapkan mereka dapat memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dengan baik serta mengajarkannya kepada masyarakat.

 

Pada awal mula pembelajaran Kelas Tachfidhul Qur’an terdiri dari satu kelas intensif dengan kurikulum khusus untuk mendukung target Hafalan mereka. Alhamdulillah dalam waktu satu tahun setengah hafalan sudah mencapai 20 Juz dan pada Peringatan Maulid Nabi SAW Tahun 2022 akan diwisuda 30 Juz. Yang mana acara wisuda berlangsung secara rutin dua kali setiap tahunnya pada waktu peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan Isro’ Mi’roj.

Baca Juga :  5 Pesantren Terbaik di Kabupaten Lumajang, Ini Daftarnya

 

Keberadaan Ustadz

atau guru yang Hafidh Alquran 30 Juz adalah salah satu hal yang terpenting dalam proses penghafalan Al-Qur‟an. Karena ustadz memberikan teladan dan bimbingan bagi santrinya dalam menghafal Al-Qur‟an.

Sehingga ditunjuklah Guru Tachfidhul Quran yaitu Ust. Diong Liong Akbar, S.Pd yang merupakan alumni Ponpes Walisongo Situbondo. Dan juga Koordinator Jamqur Kecamatan Gucialit serta sekarang sedang menyelesaikan studi S2 pada UIN KHAS JEMBER.

 

Pada perkembangannya sekarang sedang dibangun asrama Tachfidh Al-Qur’an MA Khomsani Nur. Sebagai tempat untuk para siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan juga sarana untuk tes hafalan rutin setiap 1 bulan sekali.

 

Sekarang Kelas Tachfidh Al-Qur’an MA Khomsani Nur merupakan program unggulan lembaga disamping Kelas Diniyah setiap harinya. Dan yang menarik dari Kelas Tachfidh Al-Qur’an ialah tetap masuk setiap harinya walaupun hari libur nasional. Sehingga praktis hanya mendapatkan libur pada hari Ahad saja .

Baca Juga :  5 Pesantren Terbaik di Kabupaten Lumajang, Ini Daftarnya

 

Semoga Para Siswa Siswi Kelas Khusus Tachfidh Al-Qur’an MA Khomsani Nur dapat mencapai target Hafalan 30 Juz dalam 3 tahun. Dan juga Ilmunya dapat bermanfaat untuk diamalkan kepada masyarakat serta mampu menjawab tantangan zaman kedepan. Amin. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *