Babinsa Koramil Jatirejo Bareng Warga Karbak Bersihkan Material Longsor

Babinsa Koramil Jatirejo Bareng Warga Karbak Bersihkan Material Longsor
Babinsa Koramil Jatirejo Bareng Warga Karbak Bersihkan Material Longsor

Mojokerto, – Babinsa Rejosari Koramil 0815/15 Jatirejo Kodim 0815/Mojokerto Serka Sholikin bersama warga melaksanakan karya bakti membersihkan material longsor di Dusun Kesiman, Desa Rejosari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

 

Saat dikonfirmasi, Babinsa Rejosari Serka Sholikin mengatakan, longsor terjadi di jalan raya kawasan hutan wilayah Dusun Kesiman Desa Rejosari, dari tebing dengan ketinggian 5 – 7 meter, lebar sekitar 10 meter dan ketebalan timbunan material antara 35 hingga 40 centimeter.

 

Masih lanjutnya, beruntungnya longsor terjadi Jum’at (11/03) dini hari dan lokasinya dikawasan hutan yang jauh dari pemukiman sehingga tidak ada korban jiwa. Namun meskipun tidak ada korban jiwa, kejadian ini mengakibatkan sebagian badan jalan tertutup material longsor sehingga akses jalan tidak bisa dilintasi kendaraan roda 4. “Hanya kendaraan roda 2 saja yang bisa lewat itupun harus bergantian atau buka tutup”, tegasnya.

 

Masih sambungnya, untuk mengatasi kejadian ini, kami koordinasi dengan Pak Kades Rejosari, untuk mengerahkan warga melaksanakan karya bakti membersihkan material longsor berupa tanah dan sedikit campuran bebatuan. “Alhamdulillah setelah beberapa jam dikerjakan meskipun secara manual, material longsor bisa dibersihkan dan kondisi jalan kembali normal, sudah bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat”, tutupnya.

Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto & Distan Teken MoU Peningkatan Produksi Padi Melalui Pompanisasi

 

Pantauan dilapangan, tampak Babinsa bersama Kades Suprapto, Kasun Kesiman Mulyono dan sekitar 20 orang warga Kesiman bahu membahu bergotong royong membersihkan material longsor dengan alat seadanya.

 

Terpisah Pgs. Danramil 0815/15 Jatirejo Lettu Cba Kurniawan Junaedi, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (12/03/2022), tidak menampik terjadinya longsor diwilayah teritorialnya yang sebagian kawasan perbukitan. “Longsor terjadi akibat intensitas hujan cukup tinggi sejak beberapa hari lalu yang menggerus tanah tebing disepanjang jalan doros desa terkikis”, ungkapnya.

 

Ditegaskannya, lokasi longsor ini merupakan jalan poros desa yang menghubungkan Dusun Sumber Petung Desa Sumberjati dan Dusun Kesiman Desa Rejosari. “Dilokasi ini memang sering terjadi longsor namun skalanya kecil. Baru kali ini longsoran agak lumayan sampai menutup separo badan jalan”, tegasnya.

Baca Juga :  Wujudkan Polisi Baik dengan Gelar Jumat Curhat Bersama Masyarakat

 

Ditegaskannya, sesaat setelah kejadian, pihak Koramil melalui Babinsa langsung koordinasi dengan Kepala Desa dan Perangkat untuk melaksanakan karya bakti pembersihan material longsor. “Berkat kerja sama Babinsa, Kades, Perangkat Desa dan warga, lokasi longsor sudah bersih dan kondisi jalan sudah kembali normal”, tutupnya. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *