Corong Lansia, Inovasi Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto Merawat Lansia

Corong Lansia, Inovasi Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto Merawat Lansia
Corong Lansia, Inovasi Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto Merawat Lansia
Majalahglobal.com, Mojokerto – Puskesmas Gedongan memiliki inovasi Corong Lansia, akronim dari Cek Kondisi Rutin dan Rawat Orang Lanjut Usia. Inovasi ini bersifat proaktif dalam rangka tindakan promotif dan preventif terhadap kesehatan para lansia Kota Mojokerto, terutama sekitar Puskesmas Gedongan.

 

Tujuan inovasi ini adalah untuk menemukan kasus-kasus yang sering terjadi pada lansia agar dapat dicegah lebih awal. Penyakit yang sering terjadi adalah penyakit tidak menular seperti hipertensi, gula darah, kolesterol, hingga kanker. Mengingat banyak lansia yang cenderung abai untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

 

“Para petugas kesehatan melakukan jemput bola dengan cara mendatangi lingkungan masyarakat. Setiap pelaksanaan Corong Lansia, kader kesehatan, tokoh masyarakat atau petugas puskesmas akan memberikan informasi melalui speaker/corong masjid sehingga dapat diketahui oleh warga,” ujar salah satu perawat Puskesmas Gedongan yang mengampu program ini, Annis Sumijarni, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga :  Kenalkan Layanan Kesehatan Dan Elemen Medis, Bupati Ikfina Gencarkan Progam Santika

 

Tim tenaga kesehatan yang berpartisipasi dalam setiap program ini yang antara lain dokter, perawat, perawat ahli jiwa, tenaga promosi kesehatan serta apoteker. Sehingga, selain pemeriksaan kesehatan fisik, melalui kegiatan ini juga dilakukan penyuluhan dan promosi kesehatan, konseling kejiwaan, serta dibuka pos konsultasi obat bagi lansia yang tidak memahami obat yang dimiliki.

 

“Kegiatan posyandu lansia ini kemudian ditutup dengan kegiatan gerak bugar untuk meningkatkan kesehatan fisik lansia. Semoga upaya kami di Corong Lansia dapat bermanfaat untuk semua lansia di wilayah Puskesmas Gedongan,” pungkas Annis. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *