Beberapa Amalan di Bulan Ramadhan, Ini Diantaranya

Lumajang, majalahglobal.com – Ramadhan adalah Bulannya Ummat, yang mengantarkan umat manusia ke gerbang pahala yang lebih besar dari biasanya. Setiap keutamaan yang terkandung di bulan Ramadan menjadikan bulan ini teramat istimewa. “Barangsiapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka. (Nash riwayat ini disebutkan di kitab Durrat An-Nasihin)

Selain berpuasa, terdapat amalan-amalan lain yang dapat mendatangkan pahala bagi siapa saja yang menjalaninya. Beberapa amalan yang dianjurkan pada bulan Ramadan yakni sebagai berikut.

1. Membaca Alquran.
Bisa dilakukan kapan saja terutama malam setelah tarawih atau biasa disebut Tadarus. Bagi Penghafal Al-Quran bisa juga membaca Alquran didalam Sholat Tarawih untuk melancarkan Hafalannya.

2. Banyak Sedekah.
Pada bulan ini pahala sedekah akan berlipat ganda, oleh sebab itu banyaklah bersedekah terutama memberi makan orang lain ketika buka puasa
“Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih.

3. I’tikaf.
Berdiam diri di masjid dengan tujuan semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dapat mendatangkan pahala yang melimpah. Iktikaf tidak sebatas diam, namun harus diawali dengan niat beriktikaf.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Penting Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Salat, berdzikir, membaca Al-Quran, dan memohon ampunan kepada Allah SWT merupakan bagian dari ikhtikaf. Ikhtikaf sangat dianjurkan terutama pada 10 malam terakhir Ramadan yang apabila beruntung, kita dapat mendapatkan malam Lailatul Qadar.

4. Qiyamul-Lail.
Qiyamul-lail merupakan serangkaian ibadah malam di bulan Ramadan yang memiliki banyak keutamaan.
Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim.

Dari Abu Hurairah r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW menganjurkan qiyam (shalat) Ramadan kepada mereka (para sahabat), tanpa perintah wajib.
Beliau bersabda: “Barangsiapa mengerjakan qiyam (shalat) Ramadan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu”.

Salah satu ibadah qiyamul-lail adalah salat tarawih. Selain berpuasa, ciri khas bulan Ramadan lainnya adalah salat tarawih. Salat sunnah yang hanya ada pada bulan Ramadan ini dapat mendatangkan pahala melimpah bagi hamba yang melaksanakannya. Setelah salat tarawih kita bisa melanjutkan dengan salat sunnah malam lainnya.

5. Membaca Salam dan Sholawat.
Bacaan Salam ialah:
واذا قال السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته فكانما زارالحبيب صلى الله عليه وسلم
Ketika Seseorang Melafalkan Assalamu’alaika Ayyuhan Nabiyyu Warohmatullahi Wabarokaatuh Maka Sama Dengan Bermuwajahah (bertemu) dengan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Penting Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

واذا قال السلام علينا وعلى عبادالله الصالحين فكانما زار جميع الاولياء فى الدنيا
Ketika Seseorang Melafalkan Assalamu’alainaa Wa ‘Alaa ‘Ibaadillaahis Shoolihiin Maka Sama Dengan Berziarah kepada Para Wali di Dunia

Bacaan Sholawat:
Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa Sallim ‘Alal Ummah
Artinya: Ya Allah Semoga Rohmat Tadhim Engkau, tetap tercurahkan kepada Keharibaan Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan Semoga Engkau Curahkan Kesentosaan Kepada Semua Ummat. Amin.

Demikianlah Amalan Amalan pada Bulan Ramadhan. Semoga Kita bisa menjalankan ibadah dengan baik dan bisa bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan tahun depan, Amin. (Atz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *