Inilah 4 Fakta Syahrul Yasin Limpo Jalani Pemeriksaan KPK Usai Jadi Tersangka dan Ditangkap

Inilah 4 Fakta Syahrul Yasin Limpo Jalani Pemeriksaan KPK Usai Jadi Tersangka dan Ditangkap
Inilah 4 Fakta Syahrul Yasin Limpo Jalani Pemeriksaan KPK Usai Jadi Tersangka dan Ditangkap

Jakarta, majalah global.com – Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pada Kamis 12 Oktober 2023 telah menjalani pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai ditangkap. Dia ditangkap karena terlibat kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Usai menjalani pemeriksaan, Syahrul Yasin Limpo terlihat mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye. Selain Syahrul Yasin Limpo, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta juga terlihat menggunakan rompi oranye.

“Selain itu, sejauh ini ditemukan juga aliran penggunaan uang sebagaimana perintah SYL yang ditujukan untuk kepentingan Partai Nasdem dengan nilai miliaran rupiah dan KPK akan terus mendalami,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers di gedung KPK, Jumat 13 Oktober 2023.

Baca Juga :  Diduga Kades Jangga Aur Beli Anak Kambing Tanpa Musyawarah Desa

Kemudian Alex menyebut, aliran uang korupsi Syahrul Yasin Limpo untuk umrah bernilai miliaran rupiah.

“Terdapat penggunaan uang lain oleh SYL bersama-sama dengan KS (Kasdi Subagyono-Sekjen Kementan) dan MH (Muhamamd Hatta-Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan) serta sejumlah pejabat di Kementerian Pertanian untuk ibadah umrah di Tanah Suci dengan nilai miliaran rupiah,” papar Alex.

Sementara itu, Syahrul Yasin Limpo meminta masyarakat tak langsung menghakiminya bersalah dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan dalam jabatan, penerimaan gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dia berharap asas praduga tak bersalah tetap dikedepankan.

“Saya berharap jangan saya dihakimi lagi dulu, biarkan semua prosesnya, asas praduga tak bersalah harus dilakukan termasuk ke Kementan,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Mojokerto Salat Ghaib dan Tabur Bunga di Sungai Tlocor

Berikut sederet fakta Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo jalani pemeriksaan KPK setelah ditangkap.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *