Bupati Mojokerto Resmikan RTH MKP Desa Jabon

Bupati Mojokerto Resmikan RTH MKP Desa Jabon
Bupati Mojokerto Resmikan RTH MKP Desa Jabon

Kabupaten Mojokerto, majalah global.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan proyek Infrastruktur Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mojo Kendi Patirtan (MKP) di Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. Bupati Ikfina ingin proyek RTH MKP ini menjadi pemicu peningkatan ekonomi masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan Desa Jabon.

Bupati Mojokerto Resmikan RTH MKP Desa Jabon
Bupati Mojokerto Resmikan RTH MKP Desa Jabon

Peresmian RTH MKP itu ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Bupati Mojokerto. Dilanjutkan dengan menyiram titik sumber air menggunakan air yang diambil dari sumber Jolotundo. Kemudian diakhiri dengan menabur bunga di monumen kendi.

Peresmian RTH MKP ini juga dikemas dengan kirab budaya. Bupati Mojokerto beserta seluruh masyarakat Desa Jabon menggelar pawai budaya dengan menaiki kereta kencana bersama para peserta pawai. Mereka menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari jalan desa menuju lokasi RTH MKP.

RTH MKP yang memiliki luas pembangunan kurang lebih 1 hektar ini merupakan salah satu proyek pembangunan infrastruktur RTH yang berasal dari Bantuan Keuangan (BK) Desa sebesar Rp5 miliar tahun 2022. Di RTH MKP ini terdapat berbagai hiburan seperti bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat berbagai macam multi produk, beragam kuliner, karnaval budaya hingga berbagai wahana bermain untuk keluarga.

Baca Juga :  Danramil 0815/05 Gedeg Bareng Forkopimcam Gelar Apel Siaga Linmas Pengamanan Pemilu 2024

“Harapannya ini menjadi tempat yang bisa memenuhi kebutuhan warga sebagai tempat hiburan keluarga dengan harga yang terjangkau. Namun tetap bisa memberikan kemanfaatan dalam hal rekreasi dan ekonomi sehingga masyarakat bisa menikmati,” ungkapnya, Minggu, (06/08/2023) sore.

Pelaksanaan pembangunan RTH ini, Ikfina menjelaskan, harus berdasar pada prinsip tertentu, yaitu 70 persen area RTH tidak boleh didirikan bangunan dan harus ditanami berbagai tumbuhan. Artinya, dengan 70 persen ditanami tumbuhan, maka itu dapat memperkaya oksigen dan membantu penyerapan air ketika hujan.

Selain itu, Ikfina menegaskan, harus ada wahana permainan rekreasi untuk anak dan keluarga serta terdapat pula panggung sebagai sarana untuk anak-anak berekspresi serta pusat UMKM.

“Sehingga semua itu bisa bermanfaat. Kita lihat disini banyak yang melakukan kegiatan ekonomi berjualan dan memproduksi berbagai barang dan juga makanan. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Desa Jabon agar saling membantu dan saling mendukung,” katanya.

Dengan adanya RTH MKP ini, Ikfina berharap akan menjadi pusat ekonomi dan peningkatan kesejahteraan khususnya untuk warga Desa Jabon.

Baca Juga :  Luncurkan Buku Karya Siswa ‘Antologi Cerpen Inspiratif Untuk Gen-Z’

“Harapannya nanti juga akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Mojokerto. Sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto bisa tertarik dan datang untuk menikmati RTH ini.

Sementara itu, Kepala Desa Jabon Khairur Razikin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Mojokerto atas BK desa yang telah diberikan untuk pembangunan RTH MKP Jabon ini.

“Semoga setelah diresmikan RTH ini. Kami selaku pengelola terus bisa merawat, meningkatkan, mengembangkan RTH MKP ini. Sehingga bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto, khususnya masyarakat Desa jabon,” pungkasnya. (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *