Bertemu Dubes Prancis, Abraham Liyanto Promosikan Pariwisata Labuan Bajo

Bertemu Dubes Prancis, Abraham Liyanto Promosikan Pariwisata Labuan Bajo
Bertemu Dubes Prancis, Abraham Liyanto Promosikan Pariwisata Labuan Bajo

Jakarta, majalah global. Com – Anggota DPD RI asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Abraham Liyanto bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Fabian Fenone di Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2023. Dalam pertemuan itu, Abraham mempromosikan pariwisata Labuan Bajo dan berbagai destinasi lain di NTT.

Bertemu Dubes Prancis, Abraham Liyanto Promosikan Pariwisata Labuan Bajo
Bertemu Dubes Prancis, Abraham Liyanto Promosikan Pariwisata Labuan Bajo

“Pak Dubes harus datang ke NTT. Datang ke Labuan Bajo, ke Kupang. Labuan Bajo menjadi destinasi internasional sekarang ini,” kata Abraham kepada Dubes Fabian.

Abraham bertemu Fabian dalam kunjungan kerja Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) DPD RI ke Kedutaan Besar Prancis. Selain Abraham, rombongan BKSP lain yang hadir adalah Sylviana Murni (DKI Jakarta), Fadel Muhammad (Gorontalo) dan Darmansyah Husein (Bangka Belitung).

Abraham menjelaskan di Labuan Bajo terdapat binatang purba yang langka bernama Komodo. Binatang ini telah menjadi salah satu keajaiban di dunia. Jutaaan wisatawan datang ke Labuan Bajo tiap tahunnya.

Selain binatang Komodo, berbagai pemandangan indah terdapat di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Diantaranya, Pulau Komodo dan Pulau Rinca sebagai tempat Komodo bermukim.

Baca Juga :  Real Count KPU Pileg 2024 DKI Jakarta II

Kemudian ada Pulau Padar yang menyajikan pemandangan laut dan alam yang indah. Lalu ada wisata Pulau Kalong yang menyajikan rumah bagi jutaan Kalong. Tempat wisata lainnya adalah Pulau Pink dan Pulau Kanawa sebagai tempat snorkeling.

“Rugi kalau belum ke Labuan Bajo pak Dubes. Saya mengajak pak Dubes kesana sambil mengenal budaya dan produk-produk lokal,” ujar pemilik Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang ini.

Kepada Fabian, anggota Komite I ini mengemukakan bulan Juni lalu, Labuan Bajo baru saja menjadi tuan rumah untuk KTT Asean. Penyelenggaraan itu berjalan lancar dan sukses. Hal itu tidak terlepas dari peran Presiden Jokowi yang menjadikan kota kecil Labuan Bajo sebagai tujuan wisata kelas dunia.

“Pak Dubes bisa mengajak warga Prancis datang ke Labuan Bajo. Tempatnya aman dan tenang. Kemarin baru berhasil melaksanakan KTT Asean,” tegas Abraham.

Pada kesempatan itu, Abraham juga mendorong peningkatan kerja sama Indonesia dengan Prancis, terutama terkait tukar-menukar produk. Selain itu, peningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan.

Baca Juga :  Pasca Pencoblosan, Kiai Marsudi Ajak Masyarakat Dahulukan Kemaslahatan Bersama

“Kami di NTT, butuh peningkatan sumber daya manusia (SDM). Ini terlaksana dengan pendidikan. Maka kerjasama pendidikan dengan Prancis sangat penting,” tutup Abraham. Dubes Prancis Fabian Fenone menyambut baik ajakan Abraham ke Labuan Bajo dan Kupang. Dia berjanji ingin mempelajari lebih banyak budaya lokal dan produk-produk lokal seperti ada di NTT.

“Visi kami kedepan adalah mengenal lebih jauh budaya-budaya lokal seperti di NTT,” ungkap Fabian.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *