Dandim Mojokerto Ajak Abang Becak Sarapan Bareng dan Bagikan Puluhan Paket Sembako

Dandim Mojokerto Ajak Abang Becak Sarapan Bareng dan Bagikan Puluhan Paket Sembako
Dandim Mojokerto Ajak Abang Becak Sarapan Bareng dan Bagikan Puluhan Paket Sembako

Mojokerto – Pagi yang cerah di wilayah Kota Mojokerto membawa keceriaan tersendiri bagi Abang Becak dan sebagian masyarakat dibilangan Kota Onde Onde. Tak biasanya mereka berkumpul di lapangan parkir Markas Kodim 0815/Mojokerto, Jalan Majapahit Nomor 01 Kota Mojokerto, Jawa Timur.

 

Adanya pemandangan tak biasa di Markas Militer ini, lantaran sebagian kelompok masyarakat yang mayoritas Lansia ini, diajak sarapan bareng Komandan Kodim 0815/Mojokerto beserta para Prajurit dan PNS AD Kodim 0815/Mojokerto, pada Jumat (20/01/2023) pagi.

 

Gelaran kegiatan yang dikemas dalam bentuk Bakti Sosial Kodim 0815/Mojokerto Berbagi Sesama dengan mengusung tema “Senyum Saudaramu Adalah Sedekah”, menjadi sarana Kodim 0815/Mojokerto untuk merajut dan meneguhkan silaturahmi dengan sebagian masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi.

 

Pada kesempatan ini, Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal, S.E., mengungkapkan rasa senangnya bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan sebagian masyarakat Mojokerto, utamanya dari kawasan Prajurit Kulon dan Magersari. Pagi ini kita berkumpul di sini dalam kegiatan berbagi bersama yang digelar Kodim 0815/Mojokerto. ”Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada masyarakat yang berada diseputaran Markas Kodim”, ungkapnya.

 

Abituren Akmil Angkatan 2002 ini menegaskan, keberadaan Kodim Mojokerto di sini sudah sangat lama, dan tentunya kegiatan serupa (berbagi bersama) ini pernah digelar oleh generasi-generasi sebelumnya. Tentunya menjadi harapan kita bersama kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap masyarakat dan sebagai bentuk sarana komunikasi sosial dengan masyarakat.

 

”Saya yakin berbagi di sini bisa menimbulkan rasa sayang dan peduli dan kami berusaha untuk peduli itu. Karena Visi Misi TNI AD itu adalah profesional, manunggal dengan rakyat dan dicintai rakyat”, tegasnya.

 

Namun, lanjutnya, sebelum dicintai, kita harus mencintai diri sendiri dengan menjadi prajurit yang profesional dan kemudian dengan profesioanal itu kita yang akan dicintai oleh rakyat. ”Kami menyadari bahwa kami berasal dari rakyat, baju loreng yang kita pakai ini tak lepas dari hasil perjuangan dari mbah–mbah di depan saya ini yang dulunya pahlawan–pahlawan kita juga”, imbuhnya seraya memandang Mbah-Mbah yang usianya sudah sangat sepuh namun masih sehat walafiat.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri, Kapolres Mojokerto Silaturahmi Ke Danrem 082/CPYJ dan Dandim 0815/Mojokerto

 

Lebih jauh Pamen dua melati yang dibesarkan di Jakarta ini menandaskan, tujuan dari Bakti Sosial Berbagi Bersama ini sebagai bentuk kepedulian Kodim 0815 guna membantu meringankan beban warga masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi di wilayah Kodim 0815/Mojokerto.

 

”Tentunya ada hikmah dan manfaat yang dapat kita petik dari kegiatan ini. Karena selain sebagai bentuk kepedulian, kegiatan inipun sebagai sarana mengokohkan komunikasi sosial dengan masyarakat yang selama ini sudah terbangun dengan baik, sekaligus memelihara dan meningkatkan harmonisasi hubungan antara prajurit Kodim 0815/Mojokerto dengan masyarakat, sehingga masyarakat berpartisipasi aktif dalam pertahanan negara demi NKRI yang berdaulat”, tandasnya.

 

 

Masih di lokasi kegiatan, Pgs. Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Nuril Mustofa, saat ditemui menambahkan, bahwa sarapan bareng Prajurit bersama Abang Becak dan warga ini merupakan wahana untuk lebih mendekatkan para prajurit dan rakyat.

 

”Kegiatan inti bakti sosial pembagian paket Sembako bagi 76 warga penerima, dilanjutkan dengan sarapan bareng. Kita biasanya sarapan bareng prajurit usai olahraga rutin, dan untuk sarapan bareng warga dengan cara lesehan baru kali di Makodim. Sepertinya momen (sarapan bareng dengan cara lesehan) ini lebih santai, enjoy dan menambah keakraban”, tambah Pgs. Pasi Ter yang sehari-hari menjabat Danramil Pralon.

Baca Juga :  Berpotensi Gagal Konstruksi, dinding Gedung Perpustakaan daerah kabupaten Bangka tengah menelan anggaran Rp 9.6 M mengalami keretakan

 

Pantauan di lokasi, usai menyampaikan kata pengantarnya, selanjutnya Dandim 0815/Mojokerto dengan didampingi Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Arh GN Putu Ardana, S.S., beserta Para Perwira Staf, Danramil 0815/01 Prajurit Kulon Kapten Inf Nuril Mustofa dan Danramil 0815/19 Magersari Kapten Nono Sanyoto, menyerahkan bantuan paket Sembako secara simbolis kepada perwakilan Abang Becak dan warga lainnya.

 

Kegiatan berlanjut dengan sarapan bareng antara Dandim 0815 didampingi Kasdim beserta Para Perwira Staf dan Danramil dengan para Abang Becak dan masyarakat di pelataran Makodim. Meski sarapan dengan menu sederhana sembari lesehan tak mengurangi rasa nikmat bahkan suasana tampak ceria penuh rasa kekeluargaan.

 

Pun demikian dengan para Prajurit dan PNS AD Makodim dan Koramil, mereka berbaur dengan para Abang Becak dan warga. Terlihat senyum ceria dari beberapa Abang Becak sambil menyruput kopi dan menyedot rokok yang disajikan anggota PNS Makodim.

 

Tampak Serma Dwi Andika bersama crew Pendim 0815/Mojokerto berbincang ringan dan santai sembari diselingi senda gurau dengan abang becak dan warga membuat suasana semakin akrab, seakan tiada sekat antara TNI dengan rakyat. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *