Home Stay Kampung Majapahit Tawarkan Suasana Kerajaan Majapahit

Home Stay Kampung Majapahit Tawarkan Suasana Kerajaan Majapahit
Kepala Desa Bejijong bersama Pemilik Home Stay saat foto bersama

Majalahglobal.com, Mojokerto – Hari Ketiga Pewarta Kabupaten Mojokerto Mbalarah Bareng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto berjalan sukses, Rabu (27/7/2022).

Home Stay Kampung Majapahit Tawarkan Suasana Kerajaan Majapahit
Kamar Tidur Home Stay Kampung Majapahit

Kali ini para pewarta diajak mengunjungi Kampung Majapahit yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Home Stay Kampung Majapahit Tawarkan Suasana Kerajaan Majapahit
Kamar Mandi Home Stay Kampung Majapahit

Kepala Desa Bejijong, Pradana Tera Mardiatna Menjelaskan bahwa Kampung Majapahit Desa Bejijong adalah Desa Wisata berbasis seni budaya yang juga sangat terdampak pandemi Covid-19 seperti sektor wisata lainnya.

 

“Berkat adanya pasar rakyat dan pembinaan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, maka ekonomi warga Desa sekitar naik signifikan. Saat ini kita tengah proses pemulihan ekonomi. Kami buatkan kegiatan Pasar Rakyat Kampung Majapahit setiap satu bulan sekali. Kegiatan tersebut melibatkan semua masyarakat yang ada di Desa Bejijong. Peningkatan Ekonominya ya sangat signifikan, kisaran 50 sampai 60 persen,” jelasnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, di Desa Bejijong terdapat tiga peninggalan bersejarah kerajaan Majapahit, yaitu Candi Brahu, Candi Gentong, dan Makam Siti Inggil yang merupakan makam sang Raja Majapahit yaitu Raden Wijaya.

 

“Di Desa Bejijong juga terdapat Maha Vihara Majapahit yang mana patung ini menjadi patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di Asia Tenggara,” paparnya.

Baca Juga :  Sukseskan Pemilu 2024, KPUD dan Harita Nickel Buka TPS Khusus Karyawan di Pulau Obi Halsel

 

Lebih jauh dikatakannya, karena menjadi desa dengan peninggalan sejarah yang banyak, Desa Bejijong dijuluki sebagai Kampung Majapahit. Yang mana Kampung Majapahit ini merupakan Desa Wisata berbasis Seni Budaya yang telah meraih penghargaan 50 besar Anugerah Desa Wisata dari total 1.831 Desa Wisata oleh Kemenparekraf RI tahun 2021 kemarin.

 

“Selain menawarkan wisata peninggalan sejarah, disini UMKM-nya sangat populer di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Ada Pengrajin Cor Kuningan, Home Stay Majapahit, Kaos Khas Majapahit, Batik Tulis Majapahit dan masih banyak yang lainnya. Serta Kuliner Khas Desa Bejijong Majapahit ada Ayam Kemaron, Tumpeng Paripurna dan Telur Asin Asap,” terangnya.

 

Masih kata Pradana, Terdapat 198 rumah Majapahit, 50 disiapkan menjadi homestay dan digunakan untuk penginapan bagi wisatawan. Sementara lainnya dipakai untuk toko, tempat penjualan kesenian dan lainnya.

 

“Rumah itu nampak sederhana dengan pondasi batu bata, genting juga kamar mandi disulap seperti masa kerajaan terbesar di bumi Nusantara dulu,” ujarnya.

Baca Juga :  Kenalkan Profesi Kepala Daerah, Bupati Ikfina Terima Kunjungan RA Perwanida Ngoro

 

Menurut Pradana, pihaknya menyiapkan dua paket wisata dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp. 450 ribu bagi wisatawan.

 

“Wisatawan satu hari full di kampung Majapahit dan bisa merasakan kembali suasana masa kerajaan. Para wisatawan juga menginap di home stay dan mendapatkan sarapan pagi kemudian sorenya mendapatkan snack dan kopi,” tutupnya. (Jay/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *