Koramil Dawarblandong Bareng BPP Kecamatan Vaksinasi Hewan Ternak Di Empat Dusun

Koramil Dawarblandong Bareng BPP Kecamatan Vaksinasi Hewan Ternak Di Empat Dusun
Koramil Dawarblandong Bareng BPP Kecamatan Vaksinasi Hewan Ternak Di Empat Dusun

Mojokerto, – Optimalkan pencegahan penularan wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kaki) diwilayah, Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815/Mojokerto bersama BPP / UPT Distan Kecamatan Dawarblandong melaksanakan kegiatan vaksinasi di Dusun Ngarus dan Dusun Glaga Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (25/07/2022).

 

Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., mengatakan, pihaknya bersama Forkopimcam dan Koordinator BPP sudah berkoordinasi dalam upaya optimalisasi penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak diwilayah Dawarblandong, melalui upaya pembatasan lalu lintas hewan ternak, penyemprotan disinfektan dan percepatan vaksin.

 

Berkaitan dengan penanganan PMK ini, lanjutnya, pihaknya juga sudah menugaskan para Babinsa berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan PPL Desa, untuk melakukan pendataan dan pelaporan ternak, baik yang sehat, terinfeksi, sembuh, maupun mati diwilayah binaan masing-masing.

Baca Juga :  Tahap Rekapitulasi Suara, Kapolsek Dlanggu Adakan Forum Jumat Curhat Bersama Elemen Masyarakat

 

”Hingga hari ini, pihak Koramil juga terus mendukung kegiatan percepatan vaksinasi PMK tahap 2 di wilayah Dawarblandong yang dilakukan vaksinator Distan, paramedik veteriner, maupun vaksinator kecamatan (BPP). Bentuk dukungan kita ini akan dilakukan hingga penanganan PMK dinyatakan tuntas atau selesai”, tutupnya.

 

Sementara itu, Koordinator BPP Kecamatan Dawarblandong selaku Koordinator Vaksin, Suharmaji, S.P., menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan sebagai salah satu langkah optimalisasi penanganan PMK diwilayah kerja BPP Dawarblandong. Sasaran vaksinasi ini, ternak yang kondisinya sehat. Ditambahkannya, bagi ternak yang divaksin akan dilakukan penandaan dan setelah divaksin, ternak ini akan dilaporkan melalui aplikasi iSIKHNAS oleh petugas pelapor Isikhnas kecamatan.

 

Pantauan dilapangan, sebanyak 134 ekor hewan ternak sapi diwilayah Desa Banyulegi berhasil disuntik vaksin oleh vaksinator BPP kecamatan, dengan rincian Dusun Ngarus 66 ekor, Dusun Glagah 24 ekor, Dusun Balong 19, dan Banyulegi 25 ekor.

Baca Juga :  Pakai Kostum Unik Untuk Menarik Minat Pemilih, TPS Desa Sumbersono Kenakan Kostum Kerajaan Mojopahit

 

Tampak hadir dalam kegiatan, Kepala Desa Banyulegi, Toni, Babinsa Banyulegi Serma Suwono, Bhabinkamtibmas Banyulegi Brigadir Riski, Petugas PPL Desa Banyulegi, Murni, S.Pt., beserta 4 orang PPLdan warga peternak sapi Desa Banyulegi. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *