Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan

 

SIDOARJO.majalahglobal.com – Semangat dan antusiasme beberapa tokoh Seni Rupa dan Lukis yang tergabung dalam Komunitas Seni ” SANGGAR LUKIS MUTIARA” yang beralamatkan Dikomplek Perumahan Pondok Mutiara yang paling ujung belakang sendiri, langsung diprakarsai oleh seorang Pegiat Seni “Irwanto (Seniman/Budayawan) dan kawan -kawan, dengan tema “Goresanku Untuk Sidoarjo”.

Sebanyak tujuh Seniman dan Seniwati berangkat bersamaan ke (Desa Kampung Iwak), Desa Tambak Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo (tempatnya di Pasar Pelelangan Ikan, Juanda – Sedati. Pada hari Minggu (12/6/2022), tepat pada pukul 09.00 wib – selesai.

Dari tujuh tokoh seni di antaranya ,Irwanto (Pondok Mutiara ), Ir Uni Iron Rosandy (Desa Tebel Timur – Gedangan ), Mbak Siti, Mbak Nur, (Kakak -Adik dari Sido Kepung – Buduran), Muid /Tejong (Asal dari Kota Angling Dharma – Bojonegoro), Heru (Sidoarjo), dan Hesti Setyowati,S.Pd,(Perum graha pesona Desa Modong – Tulangan). Diantara Komunitas ini Hesti.S salah satunya, seorang Pengajar/guru Seni Rupa di SDK Santa Melania-Surabaya, dengan beberapa predikat yang disandangnya, dari lukisan Murall dan lukisan diatas kanvas, dari masing -masing Komunitas Sanggar Lukis Mutiara sangat beragam diantaranya, seni tari, drama, pedalangan, serta mocopatan.

Baca Juga :  Nyoblos di TPS 09 Bersama Gus Ali, Gus Muhdlor dan Ning Sasha Tunjukkan Jari Celup Tinta
Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan
Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan

Dari keterangan Hesti Setyowati,S.Pd, yang kegemarannya melukis sejak kecil mulai Sekolah Dasar saya senang sekali melukis dan saya sendiri punya pengalaman dibidang seni rupa yang sempat disampaikan ke awak media, bahkan karya seni rupa dan seni lukis saya, bikin Gubernur Jawa Timur “Khofifah Indar Parawansa dan  Walikota Surabaya “Eri Cahyadi mengaguminya,dan dibelinya koleksi lukis saya, bahkan berbagai piagam saya terima dari event – event tertentu, bahkan waktu itu saya diundang di Jawa Tengah ( Salatiga ) untuk ikut event seni rupa dan seni lukis,” tuturnya Hesti sebelum acara melukis dimulainya.

Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan
Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan

Sementara itu dengan mempersiapkan diri untuk membentangkan kanvasnya dan segala peralatan yang sebelumnya di siapkan, setelah mempersiapkan diri para tokoh seni ini duduk sejenak untuk memulai doa, supaya dilancarkan segala kegiatan mulai awal hingga selesai nantinya tanpa kendala.

Doa yang dipimpin oleh Irwanto meminta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, supaya dalam mengerjakan lukisan ini hasilnya bagus dan fantastik, dalam lukisan nya bertajuk “Wisata Kampung Nelayan”, dan berharap nantinya lukisannya terjual. Berharap siapa tahu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, bisa membelinya dengan harga bervariasi, dan apabila lukisan ini terjual uangnya akan kami buat mengembangkan karya karya seni dan menghidupkan kembali seni di kota delta ini bersama komunitasnya. Lebih-lebih dari komunitas seni sidoarjo diberikan fasilitas dari pemerintah untuk tempat setidaknya kampung seni bisa hidup kembali, seperti semasa Bupati Win Hendrarso”, sembari ucapnya Irwanto.

Baca Juga :  Wabup Sidoarjo Dampingi Plh. Gubernur Jatim Tinjau Logistik Pemilu
Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan
Visualisasikan Wisata Kampung Nelayan Lewat Lukisan

Kegiatan melukis ini, dari tujuh personil terpisah disamping mengondisikan obyek lukisnya, salah satu pelukis ini sempat kita wawancarai, Ir.Uni Iron Rosandy juga sebagai Arsitek/Konsultan disebuah pekerjaan sipil, namun saya juga punya talenta dibidang seni lukis, yang sudah lama dan harapan kami sebagai seniman seni lukis sidoarjo kepada pemerintah bisa diperhatikan sehingga kesenian pada umumnya bisa bangkit kembali,”harapnya.(sgi/mg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *