Sinergi Koramil Gondang – Forpimka Bekali & Latih Satuan Linmas

Sinergi Koramil Gondang - Forpimka Bekali & Latih Satuan Linmas
Sinergi Koramil Gondang - Forpimka Bekali & Latih Satuan Linmas

Mojokerto, – Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan dan Polsek setempat memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas), di Aula Kantor Kecamatan Gondang Jalan Raya Gondang – Pacet Nomor 09, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (16/03/2022).

 

Kegiatan pembekalan kepada Satuan Linmas merupakan wujud sinergitas Tiga Pilar Kecamatan Gondang ini bertemakan “Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat Dalam Rangka Ketentraman dan Ketertiban Umum Tahun 2022”. Demikian diungkapkan Danramil 0815/18 Gondang Kapten Czi M. Saikhu Anwar melalui Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Pelda Rudi Suhartono.

Pada kesempatan ini Pelda Rudi Suhartono menjelaskan materi tentang tugas dan fungsi Linmas. Selain itu, juga diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar dan peraturan baris berbaris, penanaman kedisiplinan, pengecekan kerapihan dan penggunaan seragam Linmas yang baik dan benar.

 

Linmas, lanjutnya, merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan khusus dalam kegiatan penanganan bencana, memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. “Maka kedisiplinan merupakan modal pokok yang harus dimiliki demi keberhasilan melaksanakan kegiatan ataupun tugas,” tegas Pelda Rudi Suhartono.

Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto & Distan Teken MoU Peningkatan Produksi Padi Melalui Pompanisasi

 

Selain dari Koramil 0815/18, pada kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Polsek Gondang, Aiptu Rukani yang menjelaskan tentang Siskamling kepada para anggota Linmas Kecamatan Gondang yang merupakan perwakilan dari Linmas masing–masing desa se-wilayah Kecamatan Gondang. ”Pembekalan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas dimasing-masing desa. Harapannya Linmas bisa membantu melaksanakan tugas serta pengamanan kegiatan,” pungkas Aiptu Rukani.

 

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Gondang, Poniman, S.Pd., M.M., yang hadir mewakili Camat Gondang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI-Polri yang telah memberikan pelatihan bagi anggota Linmas. Melalui pelatihan ini, bisa menambah kemampuan dan pengetahuannya anggota Linmas. “Adanya pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah kemampuan Linmas sehingga diharapkan Linmas mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan fungsi dan peranannya,” tutupnya.

Baca Juga :  Mutasi Jabatan Danramil, Kodim 0815/Mojokerto Terjunkan Tim Verifikasi

 

Pantauan dilapangan, kegiatan ini juga dihadiri Kanit Shabara Polsek Gondang Iptu Suroto, dan Kasi Trantib Kecamatan Gondang, Dwi Widodo. Terpantau usai menerima materi ruangan, sejumlah 25 orang perwakilan Danton dan anggota Linmas dari desa-desa se-wilayah Gondang menerima materi PBB dari Personel Koramil dan Polsek Gondang. Selama kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) cukup ketat. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *