Antisipasi Bencana, Koramil Kutorejo Bareng Forpimka Tanam Ratusan Pohon

Antisipasi Bencana, Koramil Kutorejo Bareng Forpimka Tanam Ratusan Pohon
Antisipasi Bencana, Koramil Kutorejo Bareng Forpimka Tanam Ratusan Pohon

Mojokerto, – Koramil 0815/13 Kutorejo Kodim 0815/Mojokerto mengerahkan satu regu personel Babinsa melakukan penghijauan melalui penanaman ratusan bibit pohon tanaman keras produktif diwilayah Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (15/03/2022).

 

Kegiatan penanaman bibit pohon berbagai jenis ini terselenggara atas kerja sama Koramil 0815/13 Kutorejo, Pemerintah Kecamatan dan Polsek Kutorejo. Aksi peduli lingkungan ini juga melibatkan para Kades dan perwakilan warga masyarakat wilayah Kutorejo.

 

Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., mengatakan, kegiatan penghijauan melalui penanaman bibit pohon dan normalisasi sungai oleh Forpimka Kutorejo ini dalam rangka penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. “Penanaman pohon dan normalisasi ini dilakukan dibeberapa titik diwilayah empat desa, yakni Desa Kertosari, Desa Windurejo, Desa Wonodadi dan Desa Karangdieng”, terangnya.

 

Diterjunkannya para Babinsa TNI dalam kegiatan penanaman bibit pohon bersama Forpimka dan Kades disepanjang aliran sungai diwilayah empat desa ini sebagai bentuk partisipasi aktif dan kepedulian TNI dalam pelestarian lingkungan sekaligus upaya antisipasi bencana. “Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, wilayah Kutorejo terbebas dari bencana”, tutupnya.

Baca Juga :  Kodim 0815/Mojokerto Gelar Apel Pengecekan Personel Paska Libur Lebaran

 

Senada dengan Danramil, Camat Kutorejo, Nuryadi, S.H., M.M., menegaskan, kegiatan penanaman pohon dan normalisasi sungai berguna untuk mencegah bahaya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sesuai atensi Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

 

Camat berharap, melalui penanaman pohon dan normalisasi sungai dibeberapa desa ini, potensi ancaman bencana dapat dicegah dan teratasi. ”Semoga kegiatan penanaman pohon dan normalisasi sungai yang diinisiasi Koramil Kutorejo dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Kutorejo”, pungkasnya.

 

Pantauan dilapangan, gabungan personel TNI dari Koramil Kutorejo, Polsek, Satpol PP Kutorejo dan perwakilan masyarakat dari empat desa melakukan penanaman 150 bibit pohon berbagai jenis seperti sawo kecik, ketapang, sirsak, mangga, alpukat dan dan bibit pohon nangka.

 

Tak sebatas menanam pohon dibantaran sungai, gabungan Aparat TNI-Polri-Pemda bersama warga juga melakukan pembersihan sampah disepanjang aliran sungai dengan alat seadanya. Kegiatan yang melibatkan 50-an orang ini, diawali dengan apel gabungan di Makoramil 0815/13 Kutorejo selanjutnya dilakukan pembagian tugas penanaman pohon dan pembersihan sungai.

Baca Juga :  Persiapan UKP, Personel Kodim 0815/Mojokerto Jalani Pembinaan Fisik

 

Sekedar informasi, disetiap musim hujan beberapa sungai kecil diwilayah empat desa wilayah Kutorejo, yakni Desa Kertosari, Desa Windurejo, Desa Wonodadi dan Desa Karangdieng, kerap kali meluap ke jalan desa dikarenakan sumbatan sampah seinggah aliran sungai terhambat. Dengan adanya penghijauan atau penanaman pohon dan pembersihan sungai ini diharapkan mampu mencegah terjadinya bencana banjir akibat meluapnya sungai yang melintasi wilayah Kutorejo. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *