Koramil 0815/04 Puri Bentuk Kampung Pancasila

Koramil 0815/04 Puri Bentuk Kampung Pancasila
Koramil 0815/04 Puri Bentuk Kampung Pancasila

Mojokerto, – Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815/Mojokerto bersama Tiga Pilar Desa, warga dan pelajar gotong royong melakukan pembersihan dan penyiapan Kampung Pancasila di Dusun Sumber Tempur, Desa Sumber Girang, Kecamatan Puri, Kabupatan Mojokerto, Jawa Timur.

 

Pgs. Danramil 0815/04 Puri Letda Inf Didik Satrio Wibowo, saat dihubungi, Ahad (13/03/2022), mengatakan, pendirian Kampung Pancasila sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI AD yang ditindaklanjuti oleh Komandan Satuan. Sesuai instruksi, setiap Koramil harus membentuk Kampung Pancasila.

 

Dikatakannya, tujuan pendirian Kampung Pancasila ini untuk mengingat kembali, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. “Keberadaan Kampung Pancasila ini bisa menjadi sarana menambah wawasan atau pengetahuan warga khususnya generasi muda”, jelasnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, pemilihan Dusun Sumber Tempur Desa Sumber Girang sebagai Kampung Pancasila, dikarenakan warga masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai Pancasila, seperti sikap toleransi antara umat beragama yang mayoritas islam dengan Pelestari Adat dan Kejawen, serta sikap dan semangat gotong royong. “Penyiapannya sudah kita lakukan sejak Sabtu (12/03) kemarin hingga hari ini, Ahad (13/03), dilakukan secara gotong royong”, tutupnya.

Baca Juga :  Tanggul Irigasi Jebol, Babinsa Pacet Reaksi Cepat Turun Ke Lokasi

 

Sementara Kades Sumber Girang, Siswahyudi, mengatakan, sikap kegotongroyongan dan kekompakan warganya memang luar biasa. Hal ini, tentunya, tidak terlepas dari peran dan kerjasama Tiga Pilar Desa, yakni Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

 

Pun demikian, lanjutnya, silaturahmi antar tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda terjalin sangat baik. Termasuk dalam memelihara Kamtibmas melalui Pos Kamling, dan lain-lain. “Terima kasih kepada Danramil Puri atas ditunjuknya Desa Sumber Girang sebagai Kampung Pancasila. Semoga Desa Sumber Girang semakin makmur dan sejahtera”, tutupnya.

 

Pantauan dilapangan tampak personel TNI dari Koramil Puri, bersama Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Warga dan para pelajar sedang melaksanakan karya bakti penyiapan Kampung Pancasila di Dusun Sumber Tempur Desa Sumber Girang. Selain Danramil dan Tiga Pilar Desa, tampak pula Kapolsek Puri AKP Sri Mulyani, S.H., M.H., beserta anggota dilokasi kegiatan. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *