Pemdes Sambirejo Fokuskan Infrastruktur, Pertanian dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Pemdes Sambirejo Fokuskan Infrastruktur, Pertanian dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat
Pemdes Sambirejo Fokuskan Infrastruktur, Pertanian dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Madiun – Resmi di lantik pada 20 Desember 2021 Kepala Desa Sambirejo Kecamatan Jiwan – Kabupaten Madiun, Heru Purnomo SE, dituntut untuk kerja keras, hal ini di wujudkan dengan dibuatnya program perencanaan kerja yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJMD).

 

Hal ini tentu sejalan dengan arahan dari Bupati Madiun yang meminta agar setiap Kades terpilih segera membuat RPJMD.

 

Saat di temui di ruang kerjanya Selasa, (22/2) Kepala Desa Sambirejo Heru Purnomo SE mengatakan, ada beberapa program prioritas yang harus segera direalisasikan, disamping program jangka menengah tentunya.

 

Program Pemdes yang mendesak yaitu terkait dengan distribusi pupuk pertanian, dimana Pemdes akan kembali menarik pendistribusian pupuk yang di akhir tahun 2004 telah berpindah dari Desa Sambirejo ke Desa Metesih.

 

” Kita akan berupaya menarik kembali pendistribusian pupuk pertanian agar kembali ke desa Sambirejo, karena dalam beberapa tahun belakangan ini para petani di Sambirejo kesulitan dalam membeli pupuk pertanian bersubsidi tersebut, hal ini melanggar kesepakatan MOU, dimana kuota pupuk bagi petani di desa Sambirejo tidak terpenuhi, ketika kita beli dikios – kios resmi ternyata pupuk sudah habis, sehingga para petani mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pupuknya, untuk itu kita harus menarik kembali ke desa kami,” tegas Heru.

 

Selain itu Pemdes Sambirejo dalam laporan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJMD ) telah menganggarkan pembangunan infrastruktur, yaitu pengecoran jalan desa di perbatasan RT 5 dan RT 26 segera di kerjakan.

 

” Pemdes Sambirejo berharap ada perhatian dari Pemkab dan Pemprov dalam membantu pembangunan di Sambirejo, terutama terkait dengan BKK, untuk itu Pemdes mengharapkan ada peran cepat dari anggota dewan,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Heru menambahkan, bahwa disektor BUMDes Pemerintah desa Sambirejo telah mempunyai program kegiatan.

Program BUM Des yaitu pengelolaan lahan parkir di pasar Sambirejo serta Pamsimas.

 

” Pengelolaan parkir mulai awal bulan Maret sudah kita kelola sepenuhnya, sedangkan untuk Pamsimas sementara masih berproses dan melayani Perumnas saja, dikarenakan anggaran yang belum ada,” ujarnya.

 

Selanjutnya untuk memajukan BUMDes, Pemdes Sambirejo akan mencari modal dari luar serta mendatangkan konsultan untuk mendidik dan memberikan pelatihan kepada staf kelurahan. agar bisa menjalankan BUMDes ini lebih baik.

 

Lebih lanjut Ia menambahkan nantinya BUMDes akan merangkul sektor UMKM bersinergi dalam menciptakan inovasi peluang usaha serta merumuskan ide dengan baik dan benar, sehingga percepatan pemberdayaan di sektor perekonomian masyarakat bisa segera tercapai.

 

” Kita akan buat satu konsep dimana nantinya sektor perekonomian masyarakat bisa berkembang maju, kedepan kita akan buat satu tempat sebagai tempat pusat kegiatan perekonomian masyarakat di desa Sambirejo, untuk itu Pemdes akan segera melakukan pengurukan lapangan desa,”tegasnya.

 

Terkait dengan pandemi covid 19, Pemdes telah menyalurkan BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat serta mengadakan operasi pasar minyak goreng dengan memberikan kupon kepada warga Sambirejo, sehingga warga membeli dengan harga murah.

 

Pada bagian akhir Kepala Desa Sambirejo Heru Purnomo SE menyampaikan harapannya agar masyarakat bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk bersama – sama menjalankan program pembangunan ini dengan baik dan benar. ( Suhartanto )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *