Peluncuran Hari Pemungutan Suara, KPU Sikka Gelar Nobar

Peluncuran Hari Pemungutan Suara, KPU Sikka Gelar Nobar
Suasana Nonton Bareng Peluncuran Pemungutan Suara secara daring oleh KPUD Sikka, Senin (14/02/2022)

SIKKA –  KPU Kabupaten Sikka menggelar kegiatan nonton bareng (Nobar) Peluncuran Hari Pemungutan Suara, Senin (14/02/2022). Kegiatan yang diselenggarakan KPU RI itu wajib diikuti secara daring oleh 34 KPU Provinsi dan 514 KPU Kabupaten/Kota di seluruh Tanah Air.

Kegiatan yang disiarkan melalui zoom meeting dan live streamming di channel Youtube KPU RI itu ditandai dengan pencoblosan surat suara secara simbolis oleh Ketua KPU RI, Ilham Saputra bersama 6 komisioner lainnya. Turut hadir secara luring di halaman kantor KPU RI di jalan Imam Bonjol, Jakarta, sejumlah pejabat negara, pimpinan partai politik dan aktivis LSM Kepemiluan.

Demikian keterangan Juru Bicara KPU Sikka, Herimanto, SH., dalam release media usai kegiatan Nobar di Aula Kantor KPU Kabupaten Sikka, (Senin, 14/02/2022).

Menurut Herimanto, Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya mengatakan, saat ini KPU terus menyiapkan berbagai regulasi, menyiapkan SDM, dan menyediakan infrastruktur dalam rangka menyukseskan Pemilu tahun 2024.

Tetapi, “Tentu kami tidak akan bisa menyelenggarakan Pemilu Tahun 2024 tanpa dukungan dari Pemerintah, DPR, Partai Politik dan stakeholder Pemilu lainnya,” kata Ilham.

Baca Juga :  Resah Terhadap Persoalan Tanah yang Bergulir, Masyarakat Adat Bekali Diri Ikut Pelatihan Advokasi

Sementara itu, Ketua KPU Sikka, Yohanes Krisostomus Feri dalam sapaan selamat datang kepada para undangan Nobar  mengatakan, Hari Pemungutan Suara  yang sudah ditetapkan dengan Keputusan KPU RI  Nomor 21 Tahun 2022 yaitu pada tanggal 14 Februari 2024 merupakan momentum yang sangat penting.

“Pembahasan hari H Pemilu 2024 berlangsung cukup lama. KPU dan Pemerintah sempat berbeda pendapat soal ini. Hampir 9 bulan baru mencapai kata sepakat. Padahal sudah jelas diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017. Pasal 167 ayat (2) menyebutkan, Hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara Pemilu ditetapkan dengan Keputusan KPU,” kata Feri.

Turut hadir dalam acara Nobar di aula KPU Sikka antara lain, Ketua DPRD Sikka sekaligus Sekretaris DPC PDIP Sikka Donatus David, Anggota DPRD Sikka sekaligus Ketua DPC PAN Sikka Philip Fransiskus, Sekretaris Partai Golkar Sikka Yohanes Parera, Sekretaris DPC Gerindra Sikka Gabriel Arimatea, staf DPC Nasdem Sikka Yanni Making, PSI Sikka Christian Gama Putra dan utusan DPC PPP Sikka Imran.

Baca Juga :  Resah Terhadap Persoalan Tanah yang Bergulir, Masyarakat Adat Bekali Diri Ikut Pelatihan Advokasi

Selain itu, hadir pula dua anggota Bawaslu Sikka, Aswan Abola dan Florita Djuang. Juga ada Pasi Intel  Kodim 1603 Sikka Ida Bagus W, Pasi Intel Lanal Maumere M. Makruf dan KBO Sat Intel Polres Sikka John F. Kotta. Nampak pula hadir Kabid Piak Dukcapil Sikka, Pieter L. Hege dan Kabid Politik Kesbangpol Sikka Anselmus Moa.

Tidak ketinggalan para komisioner KPU Sikka, Sekretaris KPU Sikka, para Kasubag dan staf baik PNS maupun PPNPN. (Frans Dhena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *