Jelajahi Pelosok, BPJS Kesehatan Mojokerto Pastikan Peserta PBI Terima Kartu Fisik

Jelajahi Pelosok, BPJS Kesehatan Mojokerto Pastikan Peserta PBI Terima Kartu Fisik
Jelajahi Pelosok, BPJS Kesehatan Mojokerto Pastikan Peserta PBI Terima Kartu Fisik

Mojokerto – BPJS Kesehatan terus menerus berupaya agar seluruh penduduk Indonesia memperoleh jaminan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi. Untuk memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah terdistribusi tepat sasaran dan diterima langsung oleh masyarakat khususnya Peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Mojokerto melakukan kegiatan spot check pada Sabtu, (26/11).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Mojokerto, Bagus Prihanto mengungkapkan spot check yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memastikan kartu kepesertaan JKN-KIS  dan telah diterima dengan baik  sesuai  identitas pada kartu peserta JKN-KIS seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, serta NIK telah sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Kelurga (KK), dengan cara mendatangi langsung rumah Peserta PBI.

“Tim Spot Check memastikan peserta PBI APBN telah menerima KIS, melakukan update data apabila terdapat data yang tidak sesuai dengan dokumen kependudukan, dan menginformasikan kepada peserta PBI hak dan kewajibanya, serta prosedur/alur dalam mendapatkan manfaat kesehatan dan menyampaikan nama FKTP Peserta terdaftar,” ungkapnya

Baca Juga :  Pasca Banjir, Babinsa Koramil Jatirejo Bareng Perangkat Desa & Warga Perbaiki Pipa Saluran Air

Menurutu Bagus,  spot check ini dilakukan BPJS Kesehatan juga sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan dan kemitraan dengan pemerintah daerah melibatkan perangkat desa untuk mendapatkan informasi  alamat lengkap penerima kartu JKN KIS PBI APBN desa tersebut sesuai dengan daftar Penerima Bantuan berdasakan SK Kementrian Sosial.

“Tantangan dalam mencari alamat  yang sering kami alami, karena banyak peserta PBI tinggal di daerah pelosok. Terkadang medan pencarian yang dilalui cukup unik, ada penduduk yang rumahnya harus melalui sawah dan  melewati gang-gang yang sempit,” ungkap Nia Styawati salah satu dari Tim Spot Check .

Warga menyambut baik kegiatan ini dan mereka pun memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya dan memberikan feedback seputar pelaksanaan program JKN KIS. Dengan berdialog langsung mereka juga dapat menyampaikan  manfaat–manfaat apa saja yang telah dirasakan serta kendala-kendala yang pernah dialami selama menjadi peserta JKN KIS.

Baca Juga :  Verifikasi Lokasi TMMD 2025, Kodim 0815/Mojokerto & Pemkab Tinjau Wilayah Mojosari

“Alhamdulillah dengan pihak BPJS Kesehatan langsung mendatangi kami, informasi seputar program JKN-KIS yang belum kami ketahui dapat kami peroleh dan kami juga memberikan saran dalam upaya meningkatkan kualitas layanan,” ujar Sampiyatim (67) segmen PBI APBN.

Dengan pelaksanaan spot check ini diharapkan masyarakat telah menerima haknya terkhusus untuk segmen PBI. Dan masyarakat juga lebih memahami prosedur penggunaan KIS agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *