Buah Hati Pertama Kami Tertolong dengan Adanya BPJS Kesehatan

Buah Hati Pertama Kami Tertolong dengan Adanya BPJS Kesehatan
Buah Hati Pertama Kami Tertolong dengan Adanya BPJS Kesehatan

Jombang – BPJS Kesehatan sebagai pengelola program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada pesertanya. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), khususnya bagi wanita hamil, yaitu bisa menggunakan kartu JKN-KIS untuk periksa kehamilan dan melahirkan. Seperti yang di alami oleh Pratiwi Candra Mukti (25) dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dalam proses mengandung dan melahirkan caesar.

Wanita dengan sapaan akrab Pratiwi ini menceritakan sebulan sekali melakukan cek kehamilan di Fasilitas Kesesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Tepatnya di Klinik Seger dengan menggunakan Kartu BPJS Kesehatan. Dari hasil pemeriksaan terakhir, ia mendapati bahwa buah hati diperutnya tidak dalam posisi yang tepat, posisi kaki janinnya cenderung ke arah saluran kelahiran atau yang dikenal sebagai kelahiran sungsang. Terbayang untuk biaya operasi caesar menelan biaya yang sangat mahal. Namun, untungnya ia adalah peserta JKN-KIS terdaftar aktif. Atas indikasi medis ini lah, kemudian dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) Rumah Sakit Pelengkap untuk mendapatkan persalinan caesar.

“Alhamdulillah buah hati pertama kami lahir di RS Pelengkap Jombang Oktober lalu dengan selamat, baik ibu maupun anaknya dalam kondisi sehat. Operasi persalinan caesar berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Pelayanan yang diberikan di FKTP dan FKTL sangat cepat dan tanggap, nyaman dan tidak ada perbedaan peserta, baik peserta BPJS maupun peserta umum. Saya pernah dapat info dari saudara , yang kebetulan  melahirkan dengan operasi caesar secara umum biayanya bisa menghabiskan lebih kurang 20 juta. Segala biaya rawat inap sampai dengan operasi dijamin oleh BPJS Kesehatan dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun dengan menggunakan kartu JKN-KIS,” tuturnya.

Ia pun sangat takjub dan membandingkan pelayanan yang dirinya terima dengan pasien yang juga melahirkan caesar  dengan biaya  umum. Baginya ini merupakan program kemanusiaan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Proses administrasi pun sangat mudah dalam proses penambahan anggota keluarga. Ia menjelaskan bahwa dengan melampirkan surat kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu BPJS, proses penambahan anggota keluarganya pun sudah terselesaikan.

“Pratiwi mengapresiasi dan banyak terima kasih kepada pemerintah yang telah menyelenggarakan Program JKN-KIS dan  telah banyak membantu serta  memberikan manfaat kepada masyarakat. Dan ia berharap semoga Program JKN-KIS dapat terus berlangsung dan berjalan baik dalam meningkatkan pelayanannya,” tuturnya (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *