HOME // Berita Mojokerto // Uncategorized

Mitigasi Bencana, Koramil 16/Pacet Bersama BKPH Bersihkan Aliran Sungai

   Pada: Desember 11, 2019

Mojokerto, – Guna mencegah terjadinya bencana alam banjir, Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto bersama BKPH Perhutani Pacet melakukan kegiatan mitigasi bencana berupa pembersihan di sepanjang aliran sungai Dawuhan, Rabu (11/12/2019)

,

Kegiatan yang diselenggarakan BKPH Perhutani Pacet ini sedikitnya diikuti sekitar 50 orang, antara lain, Disparpora dan Dishub Kabupaten Mojokerto, Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, Kapolsek Pacet diwakili Ipda Sunarno, Asper KBKPH Perhutani Pacet, Gisam, Mantri dan Mandor BKPH Perhutani Pacet beserta anggota, Anggota Koramil 0815/16 Pacet, Polsek, anggota Tahura R Soerjo, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Padusan dan Desa Claket.

Kegiatan diawali dengan apel pengecekan personel peserta Mitigasi oleh Danramil 0815/16 Pacet dilanjutkan pengarahan Asmen Pariwisata KBM Perhutani Jatim, Sopi’i, diantaranya menyampaikan kegiatan mitigasi pembersihan aliran Sungai Dawuhan di sekitar lokasi Wana Wisata Air Panas Pacet ini dilakukan untuk membersihkan aliran sungai dari hambatan batang pohon, dan kotoran yang menyumbat sehinga aliran air sungai mengalir dengan lancar dan mampu mencegah terjadinya banjir maupun longsor di saat musim penghujan, seperti saat ini.

Saat di lokasi kegiatan, Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, menyampaikan melalui kegiatan mitigasi pembersihan air sungai ini juga bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas air agar lebih baik dan bersih.

Masih kata Danramil, ketersedian air bersih dan sehat sangat penting dan diperlukan manusia guna mendukung keberlangsungan hidup seperti mencuci, memasak, minum, mandi, dan lain-lain.

Danramil juga menghimbau kepada warga maupun pengunjung untuk tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke sungai karena akan mencemari air sungai.

Pantauan di lapangan, tampak kegiatan mitigasi pembersihan aliran Sungai Dawuhan dibagi dua sektor, yakni dari hulu aliran sungai dan dari hilir aliran sungai yang berada di sekitar Wana Wisata Air Panas Pacet. (jayak)





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.