HOME // Berita Lumajang // Uncategorized

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Kodim 0821 Lumajang Laksanakan Panen Jagung Bersama

   Pada: Maret 2, 2019

LUMAJANG – majalahglobal.com : Dalam rangka mendukung dan menunjang kesuksesan program ketahanan pangan nasional di wilayah Kabupaten Lumajang, Kodim 0821 menggelar panen jagung bersama yang dilaksanakan di lahan milik Kelompok Tani Panca Karya Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Kamis (28/02/2019).

,

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0821 Lumajang, Direktur Irigasi Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Muspika Pasirian, Kepala BPP Kecamatan Pasirian bersama dengan penyuluh pertanian, Kepala Desa Selok Awar-awar beserta staf, serta anggota Kelompok Tani Panca Karya Desa Selok Awar-awar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Ir. Imam Suryadi, M. Si. menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada Kabupaten Lumajang, baik berupa sarana dan prasarana maupun bantuan lain dalam meningkatkan hasil pertanian Kabupaten Lumajang.

“Diharapkan peran aktif semua pihak untuk mendukung dan membantu memberikan terobosan baru dalam upaya peningkatan hasil pertanian Kabupaten Lumajang,” katanya.

Semetara itu Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E. dalam kesempatan tersebut menyampaikan, hasil panen jagung untuk wilayah Kabupaten Lumajang ke depan perlu ditingkatkan kembali.

“Sesuai kondisi geografisnya, apapun dapat di tanam di wilayah Kabupaten Lumajang, untuk itu diharapkan kepada masyarakat khususnya kelompok tani untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada menjadi lebih produktif sehingga ke depan bangsa Indonesia dapat meningkatkan ekspor jagung,” lanjutnya.

“Sebagai pendamping pertanian, Kodim 0821 Lumajang melalui Babinsa dijajaran akan selalu mendampingi dan membantu petani untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah Kabupaten Lumajang,” tutur Dandim.

Direktur Irigasi Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Ir. Rahmanto, M. Sc. juga mengatakan, untuk wilayah Kabupaten Lumajang diharapkan target tanam jagung pada musim tanam ke depan dapat terpenuhi.

“Sebagai upaya dalam meningkatkan hasil panen, kita akan bicarakan dengan instansi terkait, serta diharapkan bagi petani membentuk suatu koorporasi/perkumpulan, sehingga hasil panen jagung petani dapat ditampung dan disalurkan dengan harga yang maksimal,” lanjutnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, segala bentuk bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah agar dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga dapat menunjang peningkatan hasil pertanian Kabupaten Lumajang khususnya tanaman pajale.

“Terima kasih kami sampaikan atas kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik  dalam meningkatkan hasil pertanian, diharapkan kerjasama yang terjalin dapat lebih ditingkatkan sehingga hasil pertanian khususnya tanaman padi, jagung dan kedelai (pajale) Kabupaten Lumajang dapat meningkat guna memenuhi target yang diharapkan,” pungkas Rahmanto. (Dandy)





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.