HOME // Berita Lumajang // Uncategorized

Peduli Sesama, Babinsa Oro oro Ombo Bantu Poskeswa

   Pada: Februari 3, 2019

LUMAJANG – majalahglobal.com : Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Babinsa Oro oro Ombo Koramil 0821/14 Pronojiwo membantu pelaksanaan Posyandu Kesehatan Jiwa (Poskeswa) yang bertempat di Balai Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Sabtu (02/02/2019).

,

Sertu Erwin Murtono, selaku Babinsa Oro oro Ombo mengatakan, berperan aktif dalam kegiatam kegiatan kemanusiaan, serta mendukung program pemerintah merupakan salah satu apresiasi dari pelaksanaan tugas babinsa dalam melaksanakan pembinaan wilayah.

Dirinya menambahkan, berperan aktif dalam kegiatan Poskeswa, merupakan wujud kepedulian TNI terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di wilayah.

“Proses penanganan ODGJ memerlukan waktu yang tidak sebentar, untuk itu diharapkan dukungan dan peran aktif dari masyatakat, terutama keluarga dan lingkungan sekitar,” katanya.

“Mereka juga manusia sama seperti kita, untuk itu mari kita bantu dan tidak mengucilkan mereka, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya,” ajak Sertu Erwin.

Sementara itu Yadin, Ketua kader Keswa setempat menjelaskan, fungsi Poskeswa adalah untuk mengontrol perkembangan kesehatan jiwa dari pasien ODGJ setelah mendapat perawatan.

“Khusus di wilayah Desa Oro oro Ombo, tercatat sebanyak 30 pasien ODGJ yang secara rutin memeriksakan diri ke Poskeswa setiap bulannya,” ungkapnya.

“Diharapkan, ke depan tidak ada lagi pasien ODGJ yang di pasung dan di kurung dalam ruangan.  Dengan bantuan dan dukungan keluarga serta lingkungan sekitar, dan dengan pemberian obat yang rutin, pasien ODGJ bisa kembali hidup normal di tengah tengah masyarakat,” harap Yadin. (Dandy)





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.