HOME // Berita Kabupaten Malang // Uncategorized

Inilah Inovasi Dari Dishub Kab. Malang Untuk Pantau Kondisi Kemacetan

   Pada: Juli 23, 2017
KABUPATEN MALANG – www.majalahglobal.com : Dishub Kabupaten Malang menyiapkan pemasangan kamera CCTV (Close Circuit Television) di jalur Singosari – Lawang. Upaya ini dilakukan mengingat Dishub kesulitan melakukan pemantauan kondisi kemacetan lalu lintas di jalur utama dari Malang menuju Surabaya atau sebaliknya.
Kepala Dishub Pemkab Malang, Hafi Lutfi mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan memasang empat unit kamera CCTV lengkap dengan Area Traffic Control System (ATCS). Yakni di pertigaan Karanglo, Lawang, Karangploso. Sedangkan satu kamera CCTV akan dipasang di Jalibar kota Kepanjen.
“Di titik-titik itu bukan rahasia lagi kalau liburan selalu terjadi macet. Makanya perlu kamera CCTV agar memudahkan petugas Dishub memantau titik kemacetan untuk segera dilakukan penguraian,” kata Hafi Lutfi, Jumat (21/7/2017).
Dishub berharap rencana pengadaan dan pemasangan kamera CCTV tidak terganjal pengalokasian anggaran. Aggaran yang dibutuhkan untuk penyediaan kamera CCTV tersebut mencapai Rp 3 miliar. Dimana kamera CCTV itu nantinya akan dioperasikan melalui ruang kontrol di Dinas Perhubungan.
“Mudah-mudahan saja rencana dan usulan anggaran itu bisa masuk di PAK APBD tahun ini, sehingga di tahun depan kami bisa merencanakan penambahan CCTV di tempat lain,” ucap Hafi Lutfi.
Untuk tahun depan, menurut Hafi Lutfi, kamera CCTV juga akan dipasang di sejumlah tempat lagi. Yakni di antaranya di pintu ke luar Bandara Abd Saleh, sekitar Pabrik Gula Kebon Agung, dan perempatan Kepanjen.
“Namun, pemasangan CCTV di tiga tempat itu tidak terlalu mendesak. Dan yang lebih mendesak pemasangan kamera CCTV di wilayah utara kabupaten Malang,” tuturnya. (Dwi cahya bagasworo)

,





Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.