Bentuk Nyata Bhinneka Tunggal Ika, Ali Kuncoro Apresiasi Festival Lampion Balon Waisak Majapahit

Bentuk Nyata Bhinneka Tunggal Ika, Ali Kuncoro Apresiasi Festival Lampion Balon Waisak Majapahit
Ketua Panitia Festival Lampion Balon Waisak Majapahit saat memberikan sambutan
Majalahglobal.com, Kota Mojokerto – Bentuk nyata Bhinneka Tunggal Ika, Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro apresiasi Festival Lampion Balon Waisak Majapahit yang bakal digelar di Alun-alun Wiraraja pada Kamis (23/5/2024) malam.

Ketua Panitia Festival Lampion Balon Waisak Majapahit 2024, Darmanto Anam Muliawan menerangkan, dalam festival ini akan diterbangkan 2.568 lampion balon.

“Kami juga menggunakan tali. Jadi setelah dilepas, balon akan tertahan di untaian tali. Setelah pelepasan dan doa, kami akan menariknya kembali sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak mengganggu jalur penerbangan,” ungkap Darmanto Anam Muliawan, Rabu (22/5/2024) di Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto.

Dijelaskannya, selain festival balon lampion, nantinya juga ada pindapata, tari remo dan barongsai.

Baca Juga :  Percepatan PAT, Babinsa Koramil 0815/18 Gondang Dampingi Petani Tanam Padi

“Selain itu juga ada pelinggihan relik Budha serta doa bersama,” ujar Darmanto Anam Muliawan.

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro menambahkan, Mojokerto yang merupakan pusat Kerajaan Majapahit tentu harus memiliki semangat Bhinneka Tunggal Ika yang kuat.

“Mojokerto ini punjernya Indonesia, jadi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena bisa berdampak bagi Indonesia,” pesan Ali Kuncoro.

Diterangkannya, peringatan Waisak di Kota Mojokerto tidak hanya melibatkan Wihara Buddhayana Mojokerto, tapi juga melibatkan Sahabat Sosial Berbagi Mojokerto dan berbagai organisasi lintas agama yang merupakan bentuk nyata Bhinneka Tunggal Ika.

“Kebersamaan ini menjadi cermin bahwa kota Mojokerto memang layak menjadi tempat lahirnya Bhinneka Tunggal Ika dari kitab Sotasoma karya dari seorang Pandita Buddha sebagai guru Dharma yang asli dari Majapahit, yakni Mpu Tantular,” ungkap Ali Kuncoro. (Jay/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *