Ibadah Apa Yang Paling Disenangi oleh Allah SWT, Berikut Penjelasannya

Lumajang, majalahglobal.com – Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melakukan amalan baik untuk pribadi kita seperti sholat, puasa dll maupun amalan yang kaitannya dengan orang lain. Tapi tahukah kalian amalan apa yang paling Allah suka? Berikut ini adalah penjelasannya:

Imam Ghazali dalam kitabnya Mukasyafatul Qulub mengisahkan dialog Nabi Musa AS dengan Allah SWT tentang amalan apa yang disukai oleh-Nya. Nabi Musa AS pernah bertanya kepada Allah SWT, “Wahai Allah, aku sudah melaksanakan ibadah yang engkau perintahkan. Manakah di antara ibadahku yang engkau senangi, apakah shalatku?”

Allah SWT kemudian menjawab, “Shalatmu itu hanya untukmu sendiri. Karena shalat membuat engkau terpelihara dari perbuatan keji dan munkar”.

Kemudian Nabi Musa AS bertanya lagi kepada Allah SWT, “Apakah dzikirku?”

Lalu Allah SWT menjawab, “Dzikirmu itu untuk dirimu sendiri. Karena dzikir membuat hatimu menjadi tenang”.

Nabi Musa AS masih penasaran, dan mengatakan, “Apakah puasaku?” Kemudian Allah SWT menjawab, “Puasamu itu hanya untukmu saja. Karena puasa melatih diri dan mengekang hawa nafsumu?”.

Lalu ibadah apa yang membuat Engkau senang ya Allah? Ucap Nabi Musa AS. Kemudian Allah SWT menjawab, “Sedekah. Tatkala engkau membahagiakan orang yang sedang kesusahan dengan sedekah, sesungguhnya aku berada di sampingnya”.

Sedekah sendiri bisa dengan menggunakan harta seperti menyumbangkan harta benda untuk keperluan pesantren, masjid dll.
Atau juga sedekah ilmu, seperti seorang guru yang ikhlas dalam membagikan ilmunya kepada para murid.

Atau bahkan minimal sedekah dengan tersenyum atau mendoakan keselamatan orang lain. Yang penting sedekah itu bisa menyenangkan atau meringankan beban orang lain maka itulah amalan yang sangat disukai oleh Allah. Semoga kita semua bisa bersedekah sesuai dengan kemampuan kita masing masing yang tentunya dengan niat membahagiakan orang lain. Amin (Atz).

Exit mobile version