Bupati Ikfina Halal Bihalal Dengan Paguk Kabupaten Mojokerto

Kabupaten Mojokerto, majalahglobal.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati melaksanakan halal bihalal atau sambang dulur Paguyuban Gus dan Yuk (Paguk) Kabupaten Mojokerto, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Pemkab Mojokerto, Minggu, (21/4) sore.

Bupati Ikfina Halal Bihalal Dengan Paguk Kabupaten Mojokerto
Bupati Ikfina Halal Bihalal Dengan Paguk Kabupaten Mojokerto

Sambang dulur Paguk Kabupaten Mojokerto ini diikuti sedikitnya 40 Gus dan Yuk angkatan 2009-sekarang. Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengaku selama ia menjabat, dukungan untuk teman-teman Gus dan Yuk belum maksimal karena dalam situasi pandemi Covid-19 gelombang kedua. Sehingga kondisi wisata saat itu juga belum maksimal.

Bupati Ikfina Halal Bihalal Dengan Paguk Kabupaten Mojokerto
Bupati Ikfina Halal Bihalal Dengan Paguk Kabupaten Mojokerto

“Kedepannya kita ingin peran dari Gus Yuk ini tidak hanya melakukan perhelatan pemilihan dan persiapan mengikuti Raka Raki. Tetapi agenda yang pasti Pemilihan Gus Yuk Besar, Pemilihan Gus Yuk Kecil dan mempersiapkan yang akan berangkat ke Raka Raki ataupun pemilihan yang lain dan menghadiri undangan-undangan dari pemilihan duta wisata dari Kabupaten/Kota lain,” terangnya.

Baca Juga :  Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Ke 21, Bupati Mojokerto Ajak Tiap Desa Lestarikan Gotong Royong

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto ini juga menegaskan jika pihaknya akan memfokuskan Gus dan Yuk sebagai duta wisata. Karena kedepan wisata ini harus digarap serius, karena bagian dari ekonomi Kabupaten Mojokerto ini adalah pariwisata.

“Yang kemarin saya belum intens berkomunikasi dengan pemerintah pusat, tahun ini saya akan berkomunikasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek. Kalau Kebudayaan Ristek kita punya cagar budaya, beberapa wisata kita berhubungan dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek,” jelasnya.

Kedepannya, pihaknya ingin mencoba bagaimana Kabupaten Mojokerto ini muncul di Raka Raki atau event-event yang ditingkat provinsi maupun ditingkat nasional. Dari sinilah nanti Mojokerto akan dilihat oleh orang lain. Karena, ketika kalian bisa menembus di tingkat provinsi atau lebih luas lagi disitulah kemudian budaya, adat istiadat, keunikan yang ada di Kabupaten Mojokerto itu akan dilihat oleh bangsa Indonesia dan dunia.

Baca Juga :  May Day, Bupati Ikfina Harap Para Buruh Dapat Tingkatkan Kompetensi Bekerja

“Jadi kita tidak boleh lagi fokus pada kenyamanan kita di daerah. Kalian memang harus fokus untuk menyiapkan persiapan program ini itu dan program lain yang akan berkelanjutan untuk Gus Yuk berikutnya,” pungkasnya. (Jay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *