BPN Kabupaten Mojokerto Laksanakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria

BPN Kabupaten Mojokerto Laksanakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria
Foto bersama
Majalahglobal.com, Mojokerto – Gerakan Sinergi Reforma Agraria dilaksanakan oleh Kantor ATR/BPN Kabupaten Mojokerto di Balai Desa Balongmojo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Senin, (22/04/2024).

 

Kepala BPN Kabupaten Mojokerto, Budiono menjelaskan, Sinergi Reforma Agraria menekankan bagaimana setelah melaksanakan pemetaan aset dengan terbitnya sertifikat, masyarakat bisa menikmati permodalan.

 

“Gerakan Sinergi Reforma Agraria dengan cara bekerja sama dengan OPD terkait dan stakeholder, serta memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa pentingnya memiliki sertifikat. Sehingga bisa mendapat akses permodalan dengan kepemilikan sertifikat,” ungkap Budiono.

 

Dijelaskannya, diadakannya program PTSL di Kabupaten Mojokerto juga sudah masuk dalam bagian Reforma Agraria.

 

“Di tahun 2024 ada kuota PTSL sebanyak 19.000 dan sudah selesai pengukurannya. Insha Allah dalam waktu dekat BPN Kabupaten Mojokerto akan menggandeng perbankan untuk mempermudah akses permodalan bagi pemilik sertifikat,” jelas Budiono.

Baca Juga :  Kompak, Forkopimda Mojokerto Raya Bersama Puluhan Ribu Masyarakat Nobar Timnas U-23
BPN Kabupaten Mojokerto Laksanakan Gerakan Sinergi Reforma Agraria
Saifuddin saat memberikan sambutan

Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan BPN Kabupaten Mojokerto, Saifuddin menuturkan, intinya mari semangat mengurangi ketimpangan kepemilikan tanah.

 

“Dengan mempunyai sertifikat kita akan mendapatkan kemudahan akses meminjam uang di perbankan. Dengan adanya program reformasi agraria, semoga hal ini memajukan UMKM Kabupaten Mojokerto,” harap Saifuddin.

 

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menambahkan, sertifikat itu bisa berharga jika dijadikan jaminan meminjam uang di bank.

 

“Sertifikat bisa dibuat cari modal bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Mojokerto. Dalam hal ini masyarakat Mojokerto juga bisa membantu yang lemah untuk melakukan pendampingan bagi pelaku UMKM melalui kegiatan Reforma Agraria,” pesan Ikfina.

 

Dalam acara ini juga dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fatmawati, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Abdulah Mukhtar, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Rahmat Suharyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup M. Zaqqi, Kepala Disperindag Iwan Abdillah, Kepala BPN Kabupaten Mojokerto Budiono, Camat Puri Nalurita Priswandini, serta Kades Balongmojo Akhmad Muslik beserta Perangkat Desa dan masyarakat setempat. (Jay/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *