Bersumber Dari DD TA 2023, Pemdes Sumatinggi Berikan Mesin Katinting ke Nelayan

Bersumber Dari DD TA 2023, Pemdes Sumatinggi Berikan Mesin Katinting ke Nelayan
Bersumber Dari DD TA 2023, Pemdes Sumatinggi Berikan Mesin Katinting ke Nelayan

Halmahera Selatan, Majalahglobal.com – Sebanyak 25 orang nelayan asal Desa Sumatinggi Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Provinsi Maluku Utara. Menerima mesin katinting yang bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2023.

 

Pembagian mesin katinting kepada 25 orang nelayan asal Desa Sumatinggi diberikan langsung oleh Kepala Desa Sumatinggi Irwan Sandia, di kediamannya yang dihadiri perangkat Desa dan pelaku penerima.

 

Setelah melalui tahapan perencanaan dengan menggali gagasan masyarakat, pemerintah desa sumatinggi menganggarkan program untuk pemberian mesin ketinting bagi nelayan setempat. ada 25 orang nelayan masing-masing diberikan 1 unit mesin. Kata Kades kepada Wartawan (21/04/2024).

 

Mesin ketinting memang menjadi fasilitas penunjang penangkapan ikan bagi nelayan, lanjutnya, dengan adanya mesin tersebut, nelayan akan mudah mengakses daerah yang relatif jauh dari bibir pantai.

Baca Juga :  DPD PAN Halsel Buka Penjaringan Cabup dan Cawabup Berjalan Lancar

 

Apalagi daerah kita ini diketahui sebagai tempat spot ikan yang melimpah. Jumlah nelayan Desa Sumatinggi memang cukup banyak, dan rata-rata nelayan tersebut menggunakan fasilitas yang sama,” terangnya.

 

Untuk mesin ketinting tersebut, diberikan kepada nelayan yang memang belum memiliki fasilitas itu, dan termasuk dalam kategori warga miskin. Jadi dengan adanya bantuan mesin ketinting, maka diharapkan akan dapat menambah jumlah tangkapan warga dimaksud, dan memperkuat ketahanan pangan bagi warga.

 

Lebih lanjut Kades menjelaskan bahwa pastinya berpengaruh hasil tangkapan sehingg wajib di anggarkan. Karena secara ekonomi ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga.”

 

Tambah kades bahwa terkait semua toggakan belanja desa tahun 2023 telah diselesaikan.

Baca Juga :  LMND SANANA ANGKAT BICARA ATAS KEBIJAK SEPIHAK PT. Wanatiara Persada dan TNI/POLRI terhadap Buru di obi

 

Semua tonggakan belanja desa tahun 2023 sudah selesau seluruhnya jadi tidak ada tonggakan maupun insetif dan BLT semua telah dipenuhi,” ucapnya. (Adeongen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *