Presiden Jokowi Resmikan Penggantian Jembatan Callender Hamilton Cisadane A dan B

Presiden Jokowi Resmikan Penggantian Jembatan Callender Hamilton Cisadane A dan B
Presiden Jokowi Resmikan Penggantian Jembatan Callender Hamilton Cisadane A dan B

Tangerang, majalahglobal.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan tiga jembatan secara hybrid dari lokasi peresmian Jembatan Cisadane A dan B, Kalipasir-Gerendeng, Kota Tangerang, Banten.(07/01/2024).

Tiga jembatan yang diresmikan hari ini merupakan pengganti jembatan dengan konstruksi Callender Hamilton yang ada di Banten.

“Tiga jembatan pengganti jembatan Callender Hamilton di Banten ini total konstruksinya Rp 270,5 miliar. Pertama, Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang biaya konstruksinya Rp 106,7 miliar; kedua Jembatan Batu Ceper di Tangerang biaya konstruksinya Rp 123,2 miliar; dan ketiga jembatan Taring 1 di Serang biaya konstruksinya Rp 40,6 miliar,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Jembatan Callender Hamilton di Indonesia telah dibangun dengan mode rangka prafabrikasi portable modular sejak tahun 1970-an.

“Di Pulau Jawa terdapat 37 jembatan Callender Hamilton yang lokasinya tersebar di beberapa provinsi. Di Banten tiga jembatan; di Jawa Barat ada 16 jembatan; di Jawa Tengah ada sembilan jembatan; dan di Jawa Timur ada sembilan jembatan,” ujar Jokowi.

Karena sudah melewati usia layanan dan rentan untuk menopang beban logistik atau angkutan berukuran berat, maka jembatan-jembatan tersebut dibangun kembali.

“Kita tahu jembatan-jembatan tersebut usianya sudah lebih dari 40 tahun sehingga memang perlu diganti, karena sudah melewati usia layanan dan rentan untuk runtuh apabila ada beban logistik yang terlalu berat,” jelasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *