Bravo !!! Menlu Retno Marsudi Sebut Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia

Bravo !!! Menlu Retno Marsudi Sebut Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia
Bravo !!! Menlu Retno Marsudi Sebut Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia

Jakarta, majalahglobal.com – Tahun 2022 dan 2023 lalu menjadi momentum penting bagi Indonesia untuk menunjukkan peran dan kepemimpinan di tingkat dunia. Di tahun tersebut, Indonesia sukses menjadi Presiden G20 2022 dan Ketua ASEAN 2023.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, keberhasilan Indonesia saat menjadi Presiden G20 2022 dan Ketua ASEAN 2023 itu bukan hal yang mudah untuk diraih, karena Indonesia menjalankan amanahnya di tengah situasi geopolitik yang dinamis.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki cita-cita untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Visi itu bukan isapan jempol belaka, sebab Asia Tenggara merupakan kawasan yang paling diuntungkan dengan kebijakan transisi energi. Indonesia, Thailand, dan Vietnam merupakan salah tiga negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, yang merupakan komponen dasar untuk merangkai mobil listrik.

Baca Juga :  Masyarakat Resah, Masih Beraktivitas Perjudian Di Wilayah Trenggalek, APH Terkesan Tutup Mata

“Tahun 2023 kita jadi Ketua ASEAN. Harapan publik dunia terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN sangat tinggi. Pada saat yang sama, kita paham kalau tahun 2022 posisi dunia tidak baik, dan 2023 tidak lebih baik. Jadi saya ingin mengajak kita melihat, di tengah situasi yang tidak baik, kita kembali menjalankan tanggung jawab sebagai Ketua ASEAN,” ujar Retno.

“Dan posisi masing-masing negara, terutama Barat dengan Rusia dan China, gap posisi mereka di banyak isu sangat besar. Dengan semua aset yang kita miliki dan dukungan banyak pihak, Indonesia berhasil membawa ASEAN ke jenjang yang lebih tinggi, menjadikan ASEAN remains matters, menjadikan Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth,” sambung alumni Universitas Gadjah Mada itu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *